Raih Juara Berbagai Lomba Tingkat Kabupaten dan Propinsi

03/05/2012 0 Comments

(MTs Negeri Ciamis)

Wakasek Kesiswaan MTs Negeri Ciamis, Yayat Sugiatna,S.Pd, berpoto bersama sejumlah siswi berprestasi. Foto : Dian Sholeh Wardiana/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Ciamis meraih juara kedua dalam Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) kategori SLTP/ MTs, tingkat kabupaten, yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Ciamis. Tidak hanya itu, MTs Negeri Ciamis juga menjadi juara dalam kategori pembina upacara terbaik, Pemimpin upacara terbaik, dan paduan suara terbaik.

Kepala MTsN Ciamis, Drs Gunawan., M.Pd., Senin (30/4), mengatakan, pihaknya sangat bangga terhadap perolehan prestasi anak didiknya. Bahkan, dalam LTUB tingkat kabupaten, siswa-siswinya berhasil mengharumkan nama sekolah.

Menurut Gunawan, pada event sebelum-sebelumnya, MTsN Ciamis juga merebut juara umum dan juara favorit dalam LKBB se-Jawa Barat, juara umum se-Priangan, juara umum LKBB se-Priangan yang diadakan oleh PPI Banjar, dan juara tiga LBB se-Priangan yang diadakan oleh Korps Resimen Mahasiswa Unigal.

Lebih lanjut, Gunawan menuturkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan LTUB di Kab. Ciamis. Menurutnya, kegiatan seperti itu dapat menumbuhkan jiwa patriotisme, meningkatkan  kualitas tata upacara bendera generasi muda.

Gunawan menambahkan, siswa MTsN Ciamis, selain diajarkan kedisiplinan, juga diajarkan tentang kedewasaan. Pihak sekolah tidak memaksa peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.

“Salah satu buktinya, meski Pembina tidak hadir, peserta didik tetap belajar secara mandiri. Dan itu bentuk kedewasaan yang dibangun oleh pihak sekolah,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Bagian Kesiswaan MTsN Ciamis, Yayat Sugiatna S,Pd. Dia mengatakan, keberhasilan yang diraih para siswa dalam kegiatan lomba tingkat kabupaten dan propinsi itu, menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah.

“Awalnya memang jadi beban. Soalnya, MTs N Ciamis mewakili Korwil I dalam LTUB tingkat kabupaten. Tapi, berkat dukungan dan motivasi dari berbagai pihak, MTs N Ciamis bisa membuktikan dan menorehkan prestasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasie Kepemudaan Disdik Kab. Ciamis, H. Dedi Kusmana, sangat mengapresiasi prestasi yang diraih MTs N Ciamis. Menurut dia, keberhasilan tersebut murni hasil dari penilaian tim juri di lapangan.

Dedi menjelaskan, kegiatan LTUB merupakan salah satu upaya meningkatkan kedisiplinan, kesehatan jasmani-rohani dan kreatifitas generasi muda. Serta memperdalam rasa cinta tanah air, dan mempertebal semangat kebangsaan dan kesatuan.

“Saya berharap peserta didik di Ciamis, harus mampu menghadapi tantangan baru saat ini. Kemudian, mempersiapkan langkah menuju peserta didik yang berdaya saing dan bermartabat. Dan mengedepankan akhlak mulia di atas semangat persatuan dan kesatuan,” pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!