Satu tahun, Kelola 10 Ribu Bebek Potong

Satu tahun, Kelola 10 Ribu Bebek Potong

(PD. Sinar Ayu)

Kandang Itik/ bebek yang dikelola PD. Sinar Ayu atau kelompok Harapan Mekar. Saat ini, jumlah bebeka yang diternak mencapai 10 ribu ekor. Foto : Dicky Haryanto Adjid/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Meski baru berjalan satu tahun, PD. Sinar Ayu, yang menggeluti usaha bebek potong di Dusun Sukamantri I, Kec. Sukamantri sudah bisa memasok kebutuhan bebek ke tiga kabupaten, meliputi Ciamis, Majalengka dan Tasikmalaya.

Idat Fatah Hidayat (42), Pengelola PD. Sinar Ayu, beberapa waktu lalu, mengatakan, sampai sekarang pihaknya masih bertahan, untuk memenuhi kebutuhan daging bebek di 3 kabupaten.

Dia mengaku, PD Sinar Ayu belum pernah mengajukan bantuan kepada Pemkab. Ciamis. Meski begitu, PD Sinar Ayu mampu bertahan secara mandiri, tanpa harus menerima bantuan dari pihak pemerintah.

Menurut Idat, PD. Sinar Ayu, pada mulanya merupakan sebuah kelompok ternak bebek potong, yang diberi nama Harapan Mekar. Kelompok Ternak Harapan Mekar didirikan pada tahun 2008.

“Namun, pada tahun 2010, para anggota menyepakati untuk merubahnya menjadi PD Sinar Ayu, perusahaan yang bergerak di bidang ternak dan pengadaan bebek potong,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Idat mengungkapkan, dia bersama sembilan orang rekannya, bermodal 500 ekor bebek. Kini, dibawah nama perusahaan, pihaknya sudah mempunyai 10 ribu ekor bebek potong.

“Keberhasilan ini, tidak terlepas dari bimbingan dan pembinaan yang dilakukan BP3K Sukamantri. Saat ini, PD SInar Ayu mempunyai Tim, yakni Tim Budidaya, dan Tim Pemasaran. Dengan begitu, budidaya jalan dan pemasaran pun jalan,” katanya.

Idat menambahkan, pihaknya sedang mengupayakan produksi pakan murah dan ramah lingkungan. Rencananya, konsep itu untuk menekan ongkos produksi, dan tetap menjaga lingkungan.

Sementara itu, Kepala BP3K Sukamantri, Itang S.PKP, mengakui, bahwa pihaknya sudah memberikan pembinaan kepada PD. Sinar Ayu. “Kami bina mereka, agar jangan asal membuat kelompok atau perusahaan. Tapi, harus punya nilai lebih, karena pasar bebek potong bisa dibilang masih terbuka,” pungkasnya. (DK)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles