PONjabar

SMAN 3 Ciamis Raih Juara 1 Komite Sekolah Berprestasi

Kepala SMA Negeri 3 Ciamis, Drs. H Rakhmat Susanto, M.Pd bersama salah satu pengurus Komite Sekolah SMA Negeri 3 Ciamis, Yaya Suryana, yang berhasil meraih juara 1 lomba Komite Sekolah Berprestasi tingkat Kabupaten Ciamis, Senin (30/4). Foto : Subagja Hamara/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Komite Sekolah  SMA Negeri 3 Ciamis meraih juara 1 dalam penilaian Lomba Komite Sekolah Berprestasi tingkat Kabupaten Ciamis, Senin (30/4). Prestasi tersebut tentunya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri di saat sekolah ini sebelumnya belum berhasil meraih gelar juara 1 dalam berbagai event perlombaan pendidikan tingkat Kabupaten selama tahun 2012.

Dalam ajang perlombaan Komite Sekolah Berprestasi ini, SMA Negeri 3 Ciamis mewakilkan Yaya Suryana, sebagai peserta. Pensiunan pegawai Kejaksaan yang sudah malang melintang menjadi pengurus Komite Sekolah SMA Negeri 3 Ciamis ini, mampu menyingkirkan peserta lainnya, dan berhasil menggondol gelar juara 1.

Kepada HR, Yaya Suryana, mengatakan, sebuah kebanggaan yang luar biasa dirinya bisa meraih juara 1 lomba Komite Sekolah Berprestasi. Menurut dia, keberhasilan yang diraih oleh dirinya, merupakan keberhasilan seluruh warga pendidikan SMA Negeri 3 Ciamis. “ Keberhasilan ini adalah kesuksesan bersama, “ imbuhnya.

Menurut Yaya, dalam penilaian Komite Sekolah Berprestasi, tim penilai lebih menguji peserta dalam hal pengetahuan dan wawasan tentang tugas dan fungsi seorang komite sekolah. Tim penilai juga menanyakan soal peranan komite sekolah dalam membangun hubungan antara sekolah dengan masyarakat.

“ Dalam menjawab hal itu tentunya dibutuhkan pengalaman sebagai komite sekolah. Kebetulan saya sudah aktif sejak lama sebagai komite sekolah, jadi mudah untuk menjelaskan hal tersebut, “ ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala SMA Negeri 3 Ciamis, Drs. H Rakhmat Susanto, M.Pd, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan gembira dengan terpilihnya Yaya Suryana sebagai Komite Sekolah Berprestasi tingkat Kabupaten Ciamis.

“ Sebenarnya kita tidak terlalu kaget dengan keberhasilan ini, karena kita sudah memprediksi bahwa Pak Yaya akan mampu mengukir prestasi di ajang lomba ini. Keyakinan bahwa Pak Yaya akan menang, dilihat dari latarbelakang beliau yang sarat pengalaman di bidang komite dan sudah malang melintang menjadi pengurus Komite di sekolah kami, dan sebelumnya juga pernah menjadi komite di salah satu SD, “ ujarnya.

Menurut Rakmat, selain berhasil meraih juara 1 dalam lomba Komite Sekolah Berprestasi, sekolahnya pun meraih gelar juara ke 4 dalam ajang lomba Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Ciamis yang diwakili oleh Heti Djuita Emalia, S.Pd.

Selain itu, pada lomba OSN tingkat Kabupaten, siswa SMA Negeri 3 Ciamis, Lita Ranggaeni kelas XI IPA, meraih juara 2 lomba Matematika. Sementara Devian siswa kelas X meraih juara 4 dalam lomba Kebumian.

“ Dengan diraihnya sejumlah prestasi ini, kita berharap dapat memberikan dampak positif bagi sekolah, khususnya dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menyekolahkan anakanya ke sekolah kami, “ pungkasnya. (Bgj)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below