“Sudah Buta Tongkat Tak Ada”

31/05/2012 0 Comments

Hari Lanjut Usia Nasional (Hari Lansia), merupakan salah satu hari penting di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 29 Mei. Sebagai wujud kepedulian, dan penghargaan terhadap orang lanjut usia. Hari itu saya menerima SMS, pengirimnya tak jelas dari siapa karena nomor itu tak muncul nama dalam HP saya. Isi SMS itu “Selamat Hari Lansia” semoga sehat selalu dan panjang umur.

Saya hanya bisa tersenyum, memang saya sudah bagian dari Lansia. Sejenak saya merenung dan mengingat kembali usia saya, jujur dalam hati terbesit apa memang saya sudah lanjut usia. Diam-diam saya menyelinap masuk kamar, menghampiri kaca perasaan ingin lebih meyakinkan bahwa saya bagian dari Lansia. Saya terdiam sebentar, mengingat dan memastikan usia yang sudah berlalu.

Wajah saya muncul di kaca, rambut sudah beruban hampir putih semua, beberapa bagian wajah terutama leher sudah mulai mengeriput. Saya hitung dari sejak lahir sampai sekarang, benar usia saya lanjut sudah kepala enam. Saya terus bertanya-tanya, siapa yang mengirim SMS itu, berpikir sejenak muncul inspirasi untuk membalas SMS itu.

Saya kirim lagi balasan SMS misterius itu, Begini. “Wahai orang yang telah berumur 60 tahun ! Wahai orang yang telah mendekati umur 60 tahun. Wahai orang yang sadar kelak ia pun akan sampai pada umur 60 tahun ! Tahukah anda bahwa 60 adalah umur manusia yang paling ‘misterius’. Desah-desah ketuaan dan kepikunan diumur itu terpadu dengan sinyal-sinyal kematian terus mendekat yang melahirkan nuansa mengharu pilu”.

Berselang 15 menit, pengirim SMS misterius itu membalas. Begini. “Kematian adalah misteri, umur 60 tahun adalah misteri, dan uban yang sering muncul pada umur itu sendiri adalah misteri, sampai-sampai Rosul melarang umatnya untuk mencabut uban yang telah memutih di kepala”. Eeh rupanya balasan SMS misterius ini, serius juga. Emang eluu siapa, balas SMS-ku. Jawabannya preet…

Kalau saya balas lagi SMS misterius itu, bisa jadi kerjaan menanggapi orang iseng. Tapi tidak juga yaa, bisa jadi hikmah buat hidup saya yang sudah Lansia ini. Cuma yang bikin penasaran siapa yang mengirim SMS misterius, benar-benar tidak jelas. Siapa sih dia, membikin saya gretan. Soalnya “Sudah Buta, tongkat tak ada”. (Tak ada tanda-tanda dari siapa SMS misterius itu). ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply