Susu Kambing Etawa Makin Diminati Konsumen

24/05/2012 0 Comments

Dicky Haryanto Adjid

Nunung, seorang peternak sedang memerah susu kambing Etawa, di Ciparigi, Sukadana. Belakang diketahui Malasya memborong ratusan kambing Etawa di Indonesia, untuk dibiakan. Dan produk susu kaleng nyapun sudah beredar di Indonesia. Foto : Dicky Haryanto Adjid/HR.

Susu Kambing Etawa hasil produksi ternak Kelompok Taruna Mekar Muda di Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana, makin diminati para konsumen. Pasalnya, susu hasil perahan dari 59 ekor kambing etawa milik kelompok tersebut selalu habis terjual.

Tidak hanya minuman segar, kelompok ternak Taruna Mekar Muda juga mengembangkan olahan dari bahan susu kambing etawa ini. Produk olahan itu diantaranya, caramel, yoghurt dan kerupuk.

“Perhari kita mampu memproduksi susu kambing etawa sebanyak 3 liter. Dan semuanya pasti habis. Konsumen setia kami diantaranya dari Ciamis dan Banjar,” ungkap Ketua Taruna Mekar Muda, Rasyid Ridha, Sabtu (19/5).

Rasyid menjelaskan, kelompok Taruna Mekar Muda berada di bawah binaan Dinas Peternakan Kab. Ciamis ini. Menurutnya, susu kambing etawa hasil produksi kelompoknya dibandrol dengan harga Rp. 20 ribu perliter.

Kepada HR, Rasyid mengutarakan, sejumlah konsumen memanfaatkan susu kambing etawa untuk kebutuhan kosmetik. Diantara konsumen meyakini, bahwa susu kambing etawa bisa menyembuhkan penyakit kulit.

“Dan ini wajar saja terjadi. Soalnya, makanan kambing etawa adalah tumbuhan hijau berserat. Kemungkinan, kandungan yang terdapat dalam makanan kambing, yang kemudian terdapat dalam susu bisa memberikan khasiat,” ungkapnya.

Bahkan, lanjut Rasyid, susu kambing etawa juga dipercaya memiliki khasiat, dan bisa menyembuhkan penyakit paru-paru, thalasemia, Osteoporosis, dan membantu mempercantik kulit.

“Ini sudah dibuktikan, dan sudah diuji di Labolatorium Ternak yang ada di kawasan Lembang. Susu kambing etawa yang kami produksi dinyatakan aman. Kini, kami sedang memikirkan soal pengemasan produk,” katanya.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Barbang, Dinas Peternakan Ciamis, Otong Bustomi, MSc., mengatakan, saat ini produk susu Kambing Etawa sudah menjadi trend konsumsi minuman kesehatan.

“Kalau di kota-kota besar, konsumsi susu kambing etawa sudah jadi trend. Kami (Disnak-red), terus melakukan pembinaan kepada Kelompok Ternak Taruna Mekar Muda, baik dari segi produksi ataupun kesehatan,” ungkapnya.

Otong menambahkan, kandungan dan khasiat susu kambing etawa sudah ada sejak berabad-abad, atau semasa kehidupan nabi. Hanya saja, mayoritas masyarakat baru menyadariya kembali.

“Bukankan minum susu kambing etawa adalah sunnah Rosul,” pungkasnya. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!