Warga Keluhkan Raibnya Tong Sampah

31/05/2012 0 Comments

Tong sampah yang dipasang DKPPLH Kota Banjar di Jl. Perintis Kemerdekaan kini hanya tinggal tutupnya saja. Foto : Pepep Riswanto Akbar/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Sejumlah warga di Jl. Perintis Kemerdekaan mengeluhkan raibnya tong sampah yang dipasang Dinas Kebersihan, Pertamanan, Pemakaman dan Lingkungan Hidup (DKPPLH) Kota Banjar, di sepanjang jalan tersebut.

Pasalnya, warga setempat menjadi kesulitan ketika akan membuang sampah sesuai dengan jenisnya, yakni sampah organic, non organik dan B3. Kini, tiga buah tong sampah yang dipasang pihak DKPPLH hanya tinggal tutupnya saja.

Rudi, salah seorang warga, mengatakan, kemungkinan hilangnya bak sampah akibat dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Padahal, fasilitas tersebut sangat bermanfaat bagi Rudi, maupun warga lainnya.

“Saya pribadi sangat menyayangkan hilangnya fasilitas tersebut, karena selain memudahkan kita untuk membuang sampah rumah tangga, tentu memudahkan pula bagi petugas penarik sampahnya,” kata Rudi, pada HR, Sabtu (26/5).

Kalau bisa, lanjut Rudi, dinas terkait memasang lagi tong sampah serupa, tapi dipasangnya harus di tempat yang berdekatan dengan rumah. Setidaknya bila ada orang yang mau nyuri, maka orang tersebut mungkin mikir dulu karena takut ketahuan.

Hal senada dikatakan Titin, warga setempat. Menurut dia, hilangnya tong sampah di beberapa titik di sepanjang Jl. Perintis Kemerdekaan sudah berlangsung lama. Awalnya memang hanya sebagian, namun sekarang semuanya ikut raib, bahkan ada yang tinggal tiangnya saja.

“Dengan adanya tong sampah tersebut saya tidak perlu lagi menyediakan tempat sampah di depan rumah, tapi sekarang setelah semuanya hilang, ya saya harus menyediakan sendiri. Karena tidak enak dilihat kalau kantong-kantong kresek yang berisi sampah disimpannya hanya digundukkan begitu saja di depan rumah,” ujar Titin.

Tersedianya tong sampah di pinggir jalan bukan hanya dimanfaatkan oleh warga sekitar saja, namun juga para pejalan kaki, seperti diungkapkan Dadan. Untuk itu, Dadan berharap agar pemerintah segera memasangnya kembali. Kemudian, apabila telah terpasang sebaiknya masyarakat juga turut serta memelihara fasilitas tersebut. (PRA)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!