Angka Kelulusan UN Tingkat SD Capai 100%

21/06/2012 0 Comments

Predikat Kota Banjar naik jadi rangking 11 di Provinsi

Banjar, (harapanrakyat.com).- Angka kelulusan dari para peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Banjar mencapai 100%, yakni mendapat predikat lulus semua tanpa pengecualian. Dengan angka kelulusan yang mulus, maka predikat Kota Banjar ikut naik menjadi rangking 11 di provinsi.

Hal itu dikatakan Kabid. Dikdas Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Banjar, Drs. H. Sajudin, M.Si., didampingi  Kasie. Dikdas, Ahmad Yani, S.Pd, M.Pd. Menurut Sajudin, tahun ini nilai kelulusan untuk SD sangat membanggakan.

“Alhamdulillah, kami dari bidang Dikdas sangat bangga serta puas dengan hasil yang dicapai oleh anak-anak kita, semoga kedepan akan lebih baik lagi,” kata Sajudin, pekan lalu, pada HR.

Sementara itu Yani menambahkan, pada tahun ini jumlah peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SD di Kota Banjar sebanyak 2.979 siswa, terdiri dari anak laki-laki 1.539 orang dan perempuan 1.440 orang.

Menurut dia, selain bangga dengan angka kelulusan yang mencapai 100%, merangkaknya predikat Kota Banjar untuk nilai UN tingkat SD di Provinsi Jawa Barat juga menjadi suatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri.

Bila dirata-ratakan, nilai UN tingkat SD yang diraih Kota Banjar dari tiga mata pelajaran yang diujikan, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA, dirasakan sangat maksimal.

Nilai UN tertinggi mata pelajaran Bahasa Indonesia mencapai 9,40, Matematika 9,75, dan IPA 9,75. Sedangkan bila dirata-ratakan, nilai UN terendah mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 7,60 dengan nilai kualifikasi A, Matematika 7,51 dengan nilai kualifikasi A, dan IPA 7,30 dengan nilai kualifikasi B.

“Untuk nilai UN tertinggi se-Kota Banjar diraih Luvki Fitri Agustin siswa dari SDN 1 Pataruman dengan skor nilai 27,90, disusul Saeful Akbar, Melinda Jayanti, Taufik Hidayat, dan Wahyu Widianto, semuanya masih dari SDN 1 Pataruman. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami, selain itu kami juga berharap agar UN sebagai tolak ukur dalam bidang akademis. Tahun mendatang minimal sama dengan tahun ini, dan maksimalnya harus lebih meningkat lagi,” harap Yani.

Di lain tempat, Wali Kelas VI SDN 1 Pataruman, Maryati, S.Pd., mengaku bangga dengan hasil yang dicapai anak didiknya. “Saya sangat bangga terhadap anak-anak didik saya. Memang dalam kesehariannya mereka itu pintar dan tidak malu untuk bertanya,” kata Maryati.

Hal senada juga dikatakan Kepala SDN 1 Pataruman, Sudaryat, S.Pd. Dia berharap prestasi yang sama dapat berlanjut pada UN tahun-tahun berikutnya.

“Kita tidak boleh puas dulu dengan hasil anak-anak kita sekarang, kalau bisa kita harus lebih meningkatkan lagi agar kedepannya lebih baik. Begitu pula anak-anak kita yang mempunyai nilai predikat baik jangan merasa puas, karena jalan kedepan masih panjang, jadi harus terus belajar dimanapun mereka sekolah nanti,” tandasnya. (HND)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!