BAZ Kota Banjar Distribusikan Zakat Periode Juli-Desember 2011

07/06/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Badan Amal Zakat (BAZ) Kota Banjar telah mendistribusikan zakat dari hasil pengumpulan zakat periode bulan Juli-Desember 2011, kepada fakir miskin, konsumtif dan produktif, sabilillah, ibnu sabil, mualaf, ghorim dan amilin.

Zakat untuk sabilillah diberikan kepada guru mengaji mesjid dan madrasah, serta bea siswa bagi anak SMA/SMK/MA dan santri yang tidak mampu. Sedangkan zakat untuk ghorim diperuntukkan membantu membayar piutang pembangunan madrasah dan mesjid.

Kemudian, bagi mualaf, mereka akan menerima zakat berupa modal usaha dengan besaran sekitar Rp.2 juta per orang. Hal itu dikatakan Komisi Distribusi BAZ Kota Banjar, Drs. H. Kaswad, M.Pd.I, Senin (4/6).

“Selain itu, baru-baru ini kami juga telah melaksanakan bedah rumah bagi warga miskin di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, tepatnya di RT 1 sampai 4, RW 25, Lingkungan Sukarame. Pendistribusian bahan untuk bedah rumah seperti keramik, GRC hingga pembayaran buruh semuanya dibiayai dari BAZ,” katanya.

Kaswad juga mengatakan, bahwa hikmah menyalurkan zakat melalui BAZ Kota Banjar akan sangat membantu program pengentasan kemiskinan di Kota Banjar, seperti pemberian modal kepada pelaku usaha kecil dan bea siswa  kepada siswa tidak mampu.

Selanjutnya, pemberian bantuan modal usaha yang diberikan BAZ diharapkan mampu membantu warga yang kurang mampu, sehingga perekonomian mereka sejahtera dan bisa hidup layak.

Di tempat terpisah, Ketua RW 25, Lingkungan Sukarame, Dede Uno, mengaku, warga yang telah mendapatkan zakat berupa bedah rumah merasa senang dan terharu atas kepedulian BAZ dan Pemkot Banjar.

“Sebagai Ketua RW saya pribadi mengucapkan terima kasih banyak kepada BAZ dan Pemkot Banjar. Bedah rumah ini sangatlah tepat sasaran, karena penerimanya adalah warga yang bekerja sebagai buruh serabutan dan pedagang asongan. Penghasilan mereka sangat pas-pasan, jangankan bisa memperbaiki rumah, untuk makan sehari-hari saja susah,” kata Dede. (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!