Ciamis Perlu Kawasan Pengembangan Peternakan

21/06/2012 0 Comments

(Kepala Bappeda Jabar, Prof. Dr. Ir. Deny Jaunda P.,DEA)

Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Propinsi Jawa Barat, Prof. Dr. Ir. Deny Jaunda P.,DEA, meminta Pemerintah Kab. Ciamis, membuka tata ruang untuk pengembangan kawasan peternakan.

Hal itu Deny sampaikan dalam acara pesta Patok Tingkat Kabupaten, dan Kontes Ternak Tingkat Prov. Jawa Barat, yang berlangsung di Desa Wonoharjo, Kec. Pangandaran, minggu lalu.

Lebih lanjut, Deny mengatakan, dengan pengembangan kawasan peternakan, diharapkan, minimal kebutuhan daging di Kab. Ciamis tidak harus meng-impor dari luar daerah/ luar Jawa.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada kelompok ternak. Selain itu, dia juga menyalurkan Bantuan Gubernur (Ban-Gub) berupa obat cacing untuk 225 ribu domba, dan 50 ribu sapi.

Dengan begitu, Deny berharap agar kelompok ternak bisa termotivasi, juga menjadi inseminator agar peternak dapat menghasilkan ternak yang berkualitas, dan peternak-nya bisa sejahtera.

Sementara itu, Bupati Ciamis H. Engkon Komara, mengatakan, pesta patok merupakan kegiatan promosi hasil pembangunan peternakan, dalam meningkatkan motivasi masyarakat, sehingga berperan aktif dalam kegiatan peternakan.

Menurut Engkon, Kab. Ciamis merupakan kawasan hijau. Dengan kata lain, peternak bisa terus mengembangkan potensi peternakan yang ada di wilayah Ciamis. Pasalnya, kawasan hijau juga mampu menjaga tingkat kestabilan terhadap kebutuhan pakan ternak.

Terkait dengan kebutuhan daging dan ikon Kab. Ciamis, Engkon menambahkan, perlu adanya rumusan dan agenda kajian, yang melibatkan banyak pihak, untuk mencari species sapi baru yang bisa jadi Ikon Ciamis, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan daging.

Di tempat terpisah, Camat Lumbung, Dahlan, SH., mengatakan, pihaknya mengirimkan kelompok ternak domba adu, untuk mengikuti kontes. Menurut dia, kegiatan tersebut menjadi pengalam tersendiri bagi peternak, untuk bertukar pikiran, wawasan dan pengetahuan dengan para peternak lainnya tentang memelihara domba adu yang baik. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!