CIC Akan Gelar Pelatihan IT Untuk Guru SD dan SMP se- Kab. Ciamis

21/06/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Upaya dalam meningkatkan profesionalitas guru, khususnya dalam bidang teknologi komputer, Ciamis Information Center (CIC), pada bulan Juli mendatang akan menyelenggarakan pelatihan IT (Information Technology) untuk guru di jenjang Sekolah Dasar (SD) dan guru di jenjang Sekolah Menangah Pertama (SMP) se- Kabupaten Ciamis, yang rencananya di gelar di Wisma PGRI Kabupaten Ciamis.

Perwakilan dari CIC yang juga Koordinator Pelaksana Pelatihan IT Guru SD dan SMP se-Kabupaten Ciamis, Dadang Hermawan, SH, mengatakan, tujuan digelarnya pelatihan IT dimaksudkan guna memberikan pemahaman dasar dalam mengaplikasikan sofware pembelajaran dan hadware untuk guru agar tidak tertinggal oleh perkembangan teknologi saat ini.

“Berawal dari pemikiran tersebut, kami dari CIC yang bermitra dengan lembaga pendidikan di Kabupaten Ciamis, menyelenggarakan pelatihan IT dan komputer untuk guru SD dan SMP se- Kabupaten Ciamis. Mengenai waktu pelaksanaan pelatihan, masih tentatif. Yang pasti, akan digelar pada bulan Juli mendatang, sebelum bulan Ramadhan (puasa),” ujarnya, kepada HR, di Ciamis, Selasa (19/6).

Dadang menambahkan, setelah guru diberikan pelatihan IT ini, diharapkan bisa lebih memperdalam pemahaman dalam mengaplikasikan sofware pembelajaran saat melakukan kegiatan belajar di kelas.

“ Kemahiran guru dalam mengaplikasikan teknologi komputer saat melakukan kegiatan belajar di kelas, jelas sangat diperlukan. Karena metode pembelajaran di kelas belakangan sudah banyak berbasis teknologi. Maka saat ini sudah menjadi kebutuhan, bahwa guru harus mahir dalam teknologi komputer, “ terangnya.

Dadang menjelaskan, teknologi komputer di era moderenisasi saat ini sangat diperlukan dalam dunia pendidikan. Didukung dengan perkembangan internet yang cukup pesat, dunia pendidikan hendaknya mampu berkompetisi, minimal dapat mengembangkan aspek pendidikan yang berbasis teknologi komputer.

“ Guru adalah SDM yang memiliki andil besar dalam kemajuan pendidikan ke depan. Maka peningkatan pengetahuan komputer, hendaknya menjadi pemicu agar tidak tertinggal di saat perkembangan moderenisasi teknologi yang begitu pesat belakangan ini,” ujarnya.

Pihaknya, lanjut Dadang, sangat berharap adanya dorongan penuh dari Dinas Pendidikan Ciamis, kepala sekolah, UPTD Pendidikan dan instrument keorganisasian pendidikan, seperti komisariat dan KKG, dalam menyukseskan pelaksanaan pelatihan IT tersebut.

“ Karena latarbelakang kita menyelenggarakan kegiatan ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Ciamis. Kita sangat berharap pendidikan di Kabupaten Ciamis menjadi yang terbaik, dimana IMTAQ IT terwujud secara nyata,” ujarnya.

Adapun tempat pendaftaran pelatihan IT untuk guru SD dan SMP, lanjut Dadang, yakni bisa mendaftar di Wisma PGRI Kabupaten Ciamis, setiap hari kerja. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!