Distan & KTNA Kota Banjar Gelar Berbagai Kegiatan

21/06/2012 0 Comments

(Sambut HKP 2012)

Banjar, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka Hari Krida Pertanian (HKP) tahun 2012, atau biasa di sebut bulan Krida Pertanian yang berlangsung dari tanggal 21 Juni-21 Juli, Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Banjar, bekerja sama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Banjar, menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Distan Kota Banjar, H. Basir, SP, MP., mengatakan, kegiatan yang akan diselenggarakan diantaranya temu wicara masyarakat pertanian dengan lembaga perbankan, temu wicara dengan para ahli teknologi, dan temu wicara dengan pengusaha.

Selain itu, juga menggelar lomba cipta menu non beras, lomba asah terampil, serta untuk acara puncaknya/seremonial yaitu kemah/pameran yang akan dilaksanakan tanggal 26-27 Juni, bertempat di lapangan olahraga Kec. Langnesari.

Kegiatan tersebut akan memamerkan produk pertanian maupun produk makanan olahan hasil pertanian yang sudah dicapai selama satu tahun kebelakang.

“Rangkaian kegiatan sudah mulai dilaksanakan sejak hari Selasa pekan ini, yaitu lomba asah terampil yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing penyuluh pertanian se-Kota Banjar. Adapun tujuan dari kegiatan temu wicara antara masyarakat petani dengan lembaga perbakan yaitu, agar masyarakat tahu sejauh mana dunia perbankan membantu pertanian di Kota Banjar,” kata Basir, Selasa (19/6).

Untuk selanjutnya yaitu temu wicara teknologi. Dalam kegiatan ini pihaknya akan mendatangkan ahli kesuburan tanah yang nantinya akan menjelaskan mengenai rumah pangan sari, serta bagaimana cara membuat pangan non beras.

Sedangkan pada kegiatan temu wicara dengan pengusaha, kelompok tani akan dipertemukan dengan pengusaha susu kambing etawa dan pengusaha pengelola pupuk organik, sekaligus mereka akan diberi penjelasan mengenai alat pengelola pupuk organik (APO).

Kemudian, bagi peserta yang berhasil meraih juara pertama dalam HKP tingkat Kota Banjar, selanjutnya akan diikutsertakan untuk mengikuti lomba HKP se-Provinsi Jawa Barat, yang akan dilaksanakan pada awal Juli mendatang.

“Dengan diadakannya kegiatan HKP ini, kami berharap petani di Kota Banjar menjadi lebih sejahtera, dan bangga dengan hasil prodak sendiri,” harap Basir. (PRA)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply