Kreatifitas Siswa Mengelola Event Besar yang Berbuah Manis

07/06/2012 0 Comments

 (‘Pekan Raya’ HUT Ke- 8 SMK Negeri 1 Padaherang)

Salah satu kegiatan dalam event Pekan Raya HUT ke-8 SMK Negeri 1 Padaherang, yakni acara Donor Darah yang diikuti oleh siswa, guru dan masyarakat sekitar. Tampak pada foto Kepala SMK Negeri 1 Padaherang, Drs. Asep Agus, tengah mendonorkan darahnya, Jum’at (1/6). Foto : Madlani/HR.

Madlani

Mempraktekkan ilmu berwirausaha lewat sebuah pengelolaan event besar yang berlangsung selama dua sepekan, menjadi pengalaman tersendiri bagi siswa SMK Negeri 1 Padaherang. Event Pekan Raya yang bertajuk, “ Berbagai Dengan Hati” dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMK Negeri 1 Padaherang yang ke-8, berlangsung sukses dan meriah.

Dibantu oleh alumni yang tergabung dalam HIAGI (Himpunan Alumni Geologi), siswa SMK Negeri 1 Padaherang mencoba membuat langkah berani dengan menggelar event ‘Pekan Raya’. Tak tanggung-tanggung mereka membuat serangkaian kegiatan secara maraton yang digelar selama dua pekan.

Yang menarik, seluruh kegiatan yang digelar dalam acara Pekan Raya ini tidak hanya untuk internal sekolah saja, tetapi hampir seluruh kegiatan melibatkan dan mengundang masyarakat sekitar.

“Dalam event Pekan Raya ini, kita mencoba menggelar kegiatan yang merangkul masyarakat. Hal itu guna meningkatkan hubungan silaturahmi antara sekolah dengan masyarakat sekitar. Makanya, event besar ini bertajuk, “ Berbagi Dengan Hati”,” ujar Ketua OSIS SMK Negeri 1 Padaherang, Aji Irawan didampingi Ketua Pelaksana Pekan Raya, Suhlan Fathoni, ketika dihubungi HR, di sela-sela acara Pekan Raya, di kampus SMK Negeri 1 Padaherang, pekan lalu.

Menurut Suhlan, konsep acara yang lebih ditonjolkan pada kegiatan sosial serta melibatkan masyarakat, terinspirasi dari angka 8 dimana merupakan usia berdirinya SMK Negeri 1 Padaherang. Angka 8 memiliki filosofi dan makna tidak ada ujung.

“ Dari sepuluh angka yang ada, hanya angka 8 yang tidak memiliki ujung. Dari situlah kita terinispirasi membuat konsep acara yang melibatkan masyarakat. Artinya, dengan filisofi angka 8, kita ingin hubungan silaturahmi dan komunikasi antara sekolah dengan masyarakat terus terjalin tiada henti dan tiada ujung, seperti angka 8,” ujarnya sedikit berfilosofis.

Suhlan juga mengungkapkan, ide awal digelarnya acara Pekan Raya yang berlangsung selama dua pekan ini, datang dari siswa. Sebelum mengajukan konsep acara ke pihak sekolah, siswa berkomunikasi terlebih dahulu dengan para alumni SMK Negeri I Padaherang.

“ Kebetulan para alumni sekolah kami memiliki wadah perkumpulan yang bernama HIAGI. Jadi, kita gampang untuk berkomunikasi dengan kakak-kakak almuni yang kini sudah bekerja di berbagai perusahaan pertambangan di Indonesia, “ ujarnya.

Setelah mendapat respons dan dukungan dari alumni, lanjut Suhlan, kemudian siswa tanpa ragu mengajukan konsep acara tersebut ke pihak sekolah. Bak gayung bersambut, pihak sekolah mendukung acara tersebut dan siap membimbing siswa mulai dari perencanaan hingga berlangsungnya acara Pekan Raya.

“ Alhamdulah Bapak kepala sekolah mengapresiasi dan mendorong konsep acara kami. Setelah kami mendapat bimbingan dari seluruh guru, akhirnya kita bergerak mulai merencanakan kegiatan dan melakukan lobi ke beberapa perusahaan untuk dijadikan sponsor event Pekan Raya, “ terangnya.

Tanpa kesulitan yang berarti, event Pekan Raya SMK Negeri 1 Padaherang pun mendapat dukungan dari sponsor. Bahkan, seluruh biaya penyelenggaraan event tersebut bersumber dari dana support sponsor dari berbagai perusahaan. “ Terus terang, kita bangga bisa menggelar event sebesar ini yang dimana bisa menggandeng sponsor dari berbagai perusahaan. Hal ini adalah pengalaman terbesar dalam hidup kami, “ ujarnya bangga.

Dilihat dari animo masyarakat sekitar pun, lanjut Suhlan, sangat begitu antusias, terutama di saat acara ‘gerak jalan sehat’, pameran pendidikan dan bazar, sunatan massal dan donor darah.

“ Kita juga tidak menyangka, acara-acara yang mengundang masyarakat, ternyata mendapat sambutan yang begitu meriah. Alhamdulilah, konsep Pekan Raya yang bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara sekolah dengan masyarakat, ternyata berhasil, “ucapnya gembira.

Suhlan mengatakan, menyelenggarakan event besar merupakan pengalaman tersendri bagi dirinya dan teman-temannya. “ Kegiatan ini merupakan praktek berwirausaha yang diajarkan secara teori di kelas. Ternyata dalam prakteknya banyak sekali pengalaman-pengalaman baru yang menyenangkan dan membuat kami semakin dewasa. Juga banyak hal-hal baru yang tidak pernah kita dapatkan selama belajar di kelas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Padaherang, Drs. Asep Agus, mengaku bangga dengan kreatifitas anak didiknya yang bisa mengelola sebuah event besar yang berlangsung meriah dan sukses.

“ Kita juga sangat berterima kasih kepada para alumni sekolah kami yang telah mendorong dan membantu adik-adiknya, sehingga bisa berkreatifitas menyelenggarakan event Pekan Raya yang begitu besar. Ini luar biasa dan sebuah kebanggaan bagi sekolah, “ ujarnya, ketika dihubungi HR di sela-sela acara Pekan Raya, pekan lalu.

Menurut Asep, dalam kegiatan Pekan Raya ini, pihak sekolah hanya melakukan bimbingan dan pendampingan, sedangkan untuk urusan pengelolaan dari mulai konsep acara hingga teknis pelaksanaan kegiatan, seluruhnya diserahkan kepada siswa. “ Tetapi di luar dugaan, ternyata anak didik kami bisa mengelola acara ini dengan baik, juga acaranya berlangsung meriah dan sukses, “ imbuhnya.

Asep juga mengatakan, melihat acara Pekan Raya dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke 8 SMK Negeri 1 Padaherang ini, berlangsung sukses, membuat pihaknya berpikir untuk kembali menggelar acara serupa pada tahun depan. Bahkan, acara Pekan Raya ini bisa dibuat acara rutin setiap memperingati hari ulang tahun sekolahnya.

“ Memang, dalam setiap tahun pun di sekolah ini selalu memperingati hari ulang tahun berdirinya sekolah. Namun, acara pada tahun sebelumnya, digelar secara sederhana. Baru tahun yang ke 8 ini kita buat acara yang begitu besar dan meriah, “ ujarnya.

Adapun acara yang digelar dalam acara Pekan Raya HUT SMK Negeri 1 Padaherang, yakni Invitasi Bola Basket antar SMP, Lomba Cepat Tepat Komputer, Pemasangan Tong Sampah Organik, Acara Higg Challenge Outbound (peserta TK/SD/SMP), Festival Band Pelajar, acara Perpisahan Kelas XII, Pameran Pendidikan dan Bazar, Gebyar Jalan Santai,  Khitanan Massal, Donor Darah, Tablig Akbar, Pesta Rakyat (perlombaan hiburan).

Dan event Pekan Raya ditutup dengan acara Pentas Hiburan yang menampilkan band-band lokal, modern dance dan pertunjukan musik lainnya. Pekan Raya ini berlangsung dari tanggal 21 – 31 Mei 2012. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply