Lansia Terlantar di Ciamis Terus Meningkat

21/06/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jumlah Lanjut Usia (Lansia) di Kabupaten Ciamis terus meningkat dari tahun ke tahun. Dari hasil pendataan lansia terlantar yang terdapat di Dinas Sosial (Dinsos) Kab. Ciamis, menyebutkan, jumlahnya mencapai 6.036 orang.

Kasie Penanganan Anak, Remaja, Lansia dan Anak Terlantar Dinsos Kab. Ciamis, Elis, Senin (18/6), mengatakan, kategori Lansia terlantar meliputi kurangnya tingkat ekonomi, pola kebutuhan makan tidak sesuai dengan aturan menu kesehatan, pengobatan ketika sakit tidak terjamin, tempat tinggal kurang representatif, dan tidak memiliki keturunan atau sanak saudara.

Elis mengungkapkan, permasalahan yang sering dialami para Lansia antara lain meliputi fisik, mental, sosial, dan psikologis. Dan persoalan itulah yang selama ini mengakibatkan gangguan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Lebih lanjut, Elis menjelaskan, semakin panjangnya usia harapan hidup, akan berimplikasi pada permasalahan sosial yang berkaitan dengan kondisi fisik, psikologis, sosial dan ekonomi. Seiring dengan itu,jumlah Lansia terlantar akan semakin meningkat.

Sayangnya, kata Elis, keterbatasan anggaran sejak tahun 2010 hingga tahun 2012, khususnya anggaran bagi Lansia terlantar, membuat penanganan masalah lansia menjadi sedikit terhambat.

Di lain pihak, bantuan dari APBN Pusat, atau program Asistensi Sosial Lanjut Usia terlantar, yang besaran-nya Rp 200 ribu perorang, hanya bisa mencukupi untuk kebutuhan 100 orang Lansia.

Kemudian, anggaran yang dialokasikan dari APBD Propinsi, melalui program peningkatan pengetahuan, kemampuan dan pemberdayaan lanjut usia terlantar luar panti, jumlahnya terbatas hanya untuk 30 orang, dengan besaran bantuan Rp 1 juta.

Di tempat terpisah, Kordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kec. Baregbeg, Agus, mengatakan, penanganan Lansia terlantar merupakana tanggungjawab semua kalangan, mulai pemerintah pusat, propinsi, daerah, dan masyarakat luas.

“Permasalahan lanjut Usia harus menjadi perhatian kita bersama, baik pemerintah, lembaga masyarakat, maupun masyarakat itu sendiri. Dan saya berharap Kab. Ciamis bisa membangun panti yang diperuntukan bagi Lansia terlantar,” pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply