Operasi Lodaya 2012 Digelar Satu Bulan

07/06/2012 0 Comments

(Kepolisian Resor (Polres) Ciamis)

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka melaksanakan tugas pokok Polri di bidang penegakan hukum lalu lintas dan angkutan jalan, Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Ciamis menggelar operasi simpatik Lodaya 2012, yang rencananya akan dilaksanakan selama satu bulan ke depan.

Operasi Simpatik Lodaya 2012 itu bertujuan untuk meningkatkan citra Polri. Selain itu, operasi tersebut juga dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya, serta meningkatkan kesadaran pengendara.

Kasatlantas Polres Ciamis, AKP Andri Riyanto, melalui KBO Lantas, Ipda Husein Sujana, Jumat (1/6), mengatakan, operasi lodaya ini bersifat sosialisasi, supaya pengendara bisa memahami akan pentingnya mematuhi aturan Lalu Lintas.

Menurut Husen, operasi Simpatik Lodaya 2012 dilaksanakan di beberapa titik rawan kecelakaan, dari mulai Kecamatan Cihaurbeuti sampai Kecamatan Cisaga. Soalnya, sepanjang jalur tersebut tingkat kecelakaan lalu lintas dinilai sangat rawan.

Lebih lanjut Husein menuturkan, dalam Operasi ini pihaknya banyak menemukan pelanggaran ringan. Contohnya, pengendara tidak menyalakan lampu, dan ada juga pengendara yang masih menggunakan knalpot bising.

Husen menjelaskan, para pelanggar diberi sangsi, dengan membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi/ melanggar aturan lalu lintas. Dia menegaskan, isi surat pernyataan tersebut, meliputi, pertama pelanggar berjanji tidak akan mengulanginya.

Kedua pelanggar diminta mengerti dan memahami tujuan dari teguran. Ketiga, pelanggar berjanji akan mentaati peraturan tentang Lalu lintas dan angkutan jalan. Terakhir, pelanggar diminta mendukung dan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas.

Pada kesempatan itu, Husen juga mengungkapkan, bagi pelanggar yang mendapat teguran hingga tiga kali, maka harus bersedia mergikuti ujian ulang sebelum memperpanjang SIM, mengikuti pendidikan lalu lintas, dan menyadari SIM itu tidak dapat digunakan lagi.

“Untuk itu, kami sudah melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk di beberapa titik rawan. Dengan Operasi ini, diharapkan bisa menciptakan lalu lintas yang kondusif, sehingga memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kendaraan yang menjadi target dalam Operasi Lodaya tidak hanya kendaraan roda dua saja, melainkan seluruh kendaraan yang melintas di sepanjang jalur Cihaurbeuti-Cisaga, mulai kendaraan Pribadi, Umum dan angkutan barang. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply