Pengunjung Sesalkan Sampah Berceceran

07/06/2012 0 Comments

(Pantai Timur Pangandaran)

Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pengunjung/ wisatawan Objek Wisata Pangandaran menyesalkan keindahan Pantai Timur Pangandaran dikotori ceceran sampah. Padahal, area Pantai Timur kerap dijadikan target kunjungan para wisatawan dari berbagai wilayah, terlebih di tempat itu ada wahana banana boat.

Tatang (53), pengunjung asal Sukabumi, belum lama ini, mengaku sangat menyayangkan keberadaan sampah di wilayah Pantai Timur. Menurut dia, keberadaan sampah tersebut mengganggu kenyamanan para wisatawan seperti dirinya.

Kepada HR, Tatang menyebutkan, dalam setahun dirinya bersama keluarga dua hingga tiga kali mengunjungi Objek Wisata Pantai Pangandaran. Dia juga mengaku heran, Pangandaran merupakan objek wisata terkenal, tapi masih saja kurang terawat, khususnya dalam maslaha kebersihan sampah.

Senada dengan itu, Susi (45), pengunjung asal Kota Tasikmalaya, mengungkapkan, sepulang mengunjungi kerabat di wilayah Kec. Parigi, dia menyempatkan untuk singgah di kawasan Objek Wisata Pantai Pangandaran.

Namun, Susi juga menyayangkan banyak sampah berceceran di kawasan Pantai Timur Pangandara. Padahal, menurut dia, kawasan Pantai Timur merupakan area favorit yang banyak dikunjungi wisatawan.

Di tempat berbeda, Kepala Desa Pangandaran, Iwan Herdiyawan, Senin (4/6), di ruang kerjanya, mengaku prihatin dengan kondisi Pantai Timur Pangandaran. Keprihatinan Kades itu terkait sampah yang banyak berceceran dimana-mana.

Iwan meminta agar pedagang, nelayan, pengunjung serta petugas kebersihan di kawasan Pantai Timur, bersama-sama menjaga kebersihan. Soalnya kata dia, jika bukan oleh semua kalangan, maka siapa yang akan bertanggungjawab?

Pada kesempatan itu, Iwan berharap, seandainya kawasan Pantai Timur sudah dijaga kebersihannya, tidak menutup kemungkinan jumlah pengunjung/ wisatawan bakal lebih meningkat.

Dia juga meminta, agar Pemkab. Ciamis memberikan bantuan berupa personil dan alat penunjang kebersihan. Selama ini, lanjut dia, personil dan alat kebersihan untuk kawasan Pantai Timur masih minim. (andri)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply