Wakapolri Ajak ‘Penguasa’ & Pengusaha Bantu Sukseskan Program Poligar

13/06/2012 0 Comments

Wakapolri Komjen Drs. Nanan Soekarna bersama Kapolda Jawa Barat Irjen Drs I Putut Eko Bayuseno dan pemilik PT. Tanjung Mulya, H. Aceng, tengah meninjau lokasi peternakan ayam dan pembuatan bata, yang dijadikan salah satu tempat digulirkannya program Poligar di Jawa Barat, di Desa Tenggerharja Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis. Foto : Subagja Hamara/HR.

Sukamantri, (harapanrakyat.com),- Wakapolri Komjen Drs. Nanan Soekarna, mengajak kepada seluruh kepala daerah dan pengusaha besar di Indonesia agar ikut membantu dan mendorong program ‘Polisi Peduli Pengangguran’ yang dicanangkan oleh Mabes Polri. Program tersebut akan digulirkan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia sebagai langkah kepolisian dalam menekan angka kejahatan yang semakin meningkat akhir-akhir ini.

“ Kita mengajak dan mengetuk hati kepada seluruh penguasa (kepala daerah) dan pengusaha di negeri ini agar turut membantu program yang digulirkan oleh kepolisian ini. Kita dari kepolisian tidak mungkin bisa mengawal program ini dengan sukses, apabila tidak ada dukungan dari semua pihak, “ ujarnya, saat meresmikan program “ Polisi Peduli Pengangguran” (Poligar) yang bekerjasama dengan perusahan ayam PT. Tanjung Mulya, di Dusun Cikareo Desa Tenggerharja Kecamatan Sukamantri, pekan lalu.

Menurut Nanan, digulirkannya program Poligar ini sebagai solusi guna menekan angka kriminlitas yang semakin meningkat belakangan ini. Langkah ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan agar disalurkan menjadi pekerja di beberapa perusahaan besar.

“ Kita dari kepolisian tidak hanya sekedar menangkap penjahat saja, tetapi harus mencarikan solusi bagaimana agar orang tidak nekad berbuat jahat. Kejahatan yang terjadi selama ini banyak diakibatkan dari alasan ekonomi, sehingga mengakibatkan orang mengambil jalan pintas, “ terangnya.

Melalui program ini, lanjut Nanan, diharapkan para penganggur yang tidak memiliki pekerjaan, agar difasilitasi atau dicarikan pekerjaan yang layak. “ Apabila mereka sejahtera, saya yakin tidak akan berbuat jahat. Dari situlah kita berpikir bagaimana bangsa ini agar tidak banyak pengangguran. Maka lahirlah program Poligar ini, “ ujarnya.

Pengusaha, lanjut Nanan, tanpa diminta pun seharusnya menawarkan diri untuk bekerjasama dalam program Poligar ini. Selain program ini sebagai solusi menekan angka kriminalitas, juga dapat dimanfaatkan oleh pengusaha untuk meningkatkan profit usahanya.

“ Selain negara aman, pengusaha pun untung. Jadi kita minta dan mengajak pengusaha untuk membuka pintu selebar-lebarnya agar mau bekerjasama dalam mendukung program ini. Juga seluruh kepala daerah pun harus menjadi penggiat paling depant di daerahnya masing-masing,  agar program Poligar ini sukses di seluruh daerah di Indonesia, “ pungkasnya. (Bgj)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!