7 Kilometer Jalan di Kertajaya Rusak

19/07/2012 0 Comments

ruas jalan di Desa Kertajaya Kec. Mangunjaya kondisinya memprihatinkan. Foto : Andri S Hamara/HR.

Mangunjaya, (harapanrakyat.com),- Sejumlah ruas jalan di Desa Kertajaya Kec. Mangunjaya kondisinya memprihatinkan. Pasalnya, sudah hampir 21 tahun, kondisi jalan rusak di wilayah Desa Kertajaya tidak kunjung diperbaiki.

Kaswan (30), warga Kertajaya, Jum`at (13/7), mengaku iri dengan kondisi infrastruktur jalan di daerah tetangga, yakni Jawa Tengah. Desa Kertajaya, kata dia, berbatasan langsung dengan Jateng.

Menurut Kaswan, perbaikan jalan di Desa Kertajaya, pernah dilakukan pada tahun 1991. Sejak saat itu, jalan di wilayah tersebut belum tersentuh program perbaikan. Wajar saja, jika kondisi jalan saat ini, sudah rusak parah.

Sukirman (51), tokoh masyarakat setempat, membenarkan, pengaspalan terakhir, dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy, sekitar pada tahun 1991. Sejak saat itu, tidak ada agenda perbaikan atau pemeliharaan jalan.

Menurut Sukriman, dalam beberapa kesempatan, sejumlah pejabat pernah menjanjikan akan memperbaiki jalan di Desa Kertajaya. Tapi buktinya, janji-janji itu hingga saat ini tidak pernah terwujud.

Lebih lanjut, Sukirman mengungkapkan, Kertajaya merupakan “muka-nya” Kab. Ciamis, dan “muka-nya” Jawa Barat bagian timur, karena berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Bahkan terkadang, dia dan warga Kertajaya merasa malu ketika didatangi warga dari daerah tetangga (Jateng).

Sementara itu, Kepala Desa Kertajaya, Daryo Sutikno (51), di tempat kerjanya, Jumat (13/7), membenarkan, sepanjang kurang lebih 7 kilometer jalan di Desa Kertajaya kondisinya rusak parah.

Daryo mengaku, banyak diantara warganya yang mempertanyakan, kapan jalan di Desa Kertajaya akan diperbaiki. Dia merasa bingung, bagaimana harus menjawab pertanyaan-pertanyaan warganya tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Daryo berharap, Pemkab. Ciamis, segera merealisasikan perbaikan jalan, agar apa yang selama ini menjadi keluhan warganya, bisa segera terjawab. (andri)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!