Aksi Pencurian Marak di Pasar Langensari & Bojongkantong

05/07/2012 0 Comments

Dua orang warga pasar Langensari, sedang memperbaiki atap kios penjual topi dan pakian, yang rusak akibat dibobol maling. Foto : Deni Supendi/HR.

Pelaku nekad lakukan aksi di siang hari

Banjar, (harapanrakyat.com),- Dalam kurun satu bulan terakhir ini, pedagang pasar Langensari dan pasar Bojongkantong dikejutkan dengan aksi pencurian. Dan kini, mereka merasa tidak aman untuk berdagang di kedua pasar tersebut.

Aksi pencurian, menurut warga tidak hanya dilakukan di malam hari, melainkan di siang bolong. Diperkirakan, pelaku sudah mengetahui kondisi pasar, sehingga aksi yang mereka lakukan selalu lolos, dan luput dari pantauan warga/ pedagang pasar.

Dede (42), pedagang pakaian, belum lama ini, mengaku kehilangan sejumlah barang dagangan senilai hampir Rp. 5 juta, di Pasar Bojongkantong. Kehilangan yang dia alami terjadi pada siang hari, saat para pedagang sedang sibuk membereskan kios dagangan masing-masing.

Kepada HR, Dede mengutarakan, pada saat kejadian, dirinya menyimpan satu karung/ tumpuk barang, yang berisi pakaian anak, mukena, dan pakaian lain, dikios miliknya. Sekembalinya berbelanja kebutuhan dapur, karung tersebut sudah tidak lagi di tempatnya.

“Saya menyimpannya seperti biasa. Baru ditinggal sebentar, tau-tau dagangan yang sudah siap dibawa pulang, malah diambil orang,” ungkapnya.

Dede juga mengaku pasrah, bahwa apa yang dia alami merupakan musibah. Dia berharap, aksi pencurian di pasar Bojongkantong dan pasar Langensari bisa dicegah, atau diantisipasi dengan meningkatkan keamanan.

Sementara itu, pedagang yang enggan dikorankan, mengatakan, aksi pencurian pakaian memang hampir setiap minggunya terjadi di kedua pasar tersebut. Kebanyakan, barang/ pakaian yang hilang/ diambil maling, kategori pakaian remaja.  â€œBisa jadi, pencurinya memang masih remaja,” ungkapnya.

Menurut dia, informasi yang dia ketahui, yang menjadi korban pencurian selama ini, diantaranya pedagang pakaian mencapai lima orang, pedagang topi dan aksesoris anak muda/ remaja.

Pedagang Enggan Lapor Polisi

Di tempat terpisah, ketika dikonfrimasi HR, Admin Reskrim Polsek Langensari, Gin Gin, Selasa (3/7), mengatakan, selama kurun Bulan Juni, tidak ada satupun laporan dari warga pasar, tentang kehilangan atau adanya aksi pencurian.

Gin Gin menyayangkan, warga atau korban pencurian belum mau terbuka dan melaporkan tindak kejahatan yang menimpa mereka. Padahal, kata dia, pihak kepolisian bisa mengupayakan pencegahan atau tindakan antisipatif, seandainya para korban melapor.

“Yang pasti, selama ini, kami selalu melakukan patroli keliling, sesuai dengan cakupan kerja Polsek Langensari. Termasuk melakukan patroli di kawasan Pasar Bojongkantong dan pasar Langensari,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, warga di wilayah Kec. Langensari bisa menjalin kerjasama dengan pihak kepolisian, yang salahsatunya jalinan kerjasama untuk meningkatkan pengamanan lingkungan. (deni)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!