BNN Kab Ciamis Rekrut Kader Anti Narkoba

05/07/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab. Ciamis membentuk kader penyuluh anti narkoba. Kader yang direkrut pihak BNN Kab. Ciamis meliputi kalangan Pegawai Instansi dan Swasta. Rekrutmen kader itu bertujuan untuk merealisasikan program BNN Pusat, yakni “Indonesia Bebas narkoba Tahun 2015”.

Plh. BNN Kab. Ciamis, Hj. Ida Kaidah, bersama Staff Perencanaan, Suhendi SH., Sabtu (30/6), seusai kampanye simpatik Anti Narkoba, mengatakan, inti dari pembentukan dan rekrutmen kader penyuluh anti narkoba, diantaranya untuk menciptakan lingkungan kerja bebas narkoba.

Menurut Ida, para kader penyuluh nantinya diberi tugas untuk menyampaikan dan mensosialisasikan bahaya penggunaan narkoba, bagi lingkungan kerja masing-masing kader. Dia menegaskan, pembentukan kader itu juga diamanatkan dalam Undang-undang (UU) Nomor 35 tahun 2009, tentang narkoba.

“Bahkan Presiden menginstruksikan, dalam Inpres No 12 tahun 2011, soal pelaksanaan kebijakan juga strategi nasional pencegahan, pemberantasan dan peredaran gelap narkoba,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ida menerangkan, pembentukan kader baru teralisasi di dua instansi pemerintah dan swasta. K depannya, kata dia, BNN Kab. Ciamis, akan merekrut kader dari kalangan Mahasiswa, pelajar dan masyarakat.

“Para kader akan mendapatkan pelatihan khusus dari BNP (Badan Narkotika Propinsi) atau bahkan dari BNN Pusat,” tambahnya.

Ida menambahkan, sesuai dengan data tahun 2011, sedikitnya ada 116 orang yang mendapatkan rehabilitasi di Inabah Putra, Inabah Puteri, I’Anatush-Syibyan, dan di rehabilitasi Ar-Rahman.

Bahkan, hasil penelitian BNN Puslitkes UI tahun 2011, prevalensi penyalahgunaan di Indonesia sebesar 3,8 jiwa atau 2,2 persen dari penduduk Indonesia, dengan usia berkisar 10-59 tahun.

Angka ini cukup banyak, dan bila tidak ditangani dengan baik pada tahun 2015 diperkirakan prevalansi penyalahgunaan narkoba akan meningkat menjadi 2,8 persen atau 5,1 juta orang.

Di tempat terpisah, Kasat Narkoba, AKP. Herdis, melalui Kaur Mintu, Aiptu. Jajang Sahidin SH, mengatakan, BNN dan pihak kepolisian akan sangat terbantu dengan ada pembentukan kader penyuluh anti Narkoba di lingkup Kab. Ciamis. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply