Jaga Kestabilan Timbangan, Pedagang Lakukan Tera Ulang

19/07/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Para pedagang yang melakukan transaksi jual belinya menggunakan alat timbangan, pada hari Kamis (12/7), melaksanakan tera ulang timbangan di halaman Kantor Kelurahan Banjar, Kec/Kota Banjar.

Tera ulang timbangan merupakan program dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Provinsi Jawa Barat melalui Balai Meterologi Tasikmalaya, dan petugas pelaksananya dari Diperindag Tasikmalaya.

Adapun wilayah yang ditanganinya meliputi Garut, Kuningan, Ciamis dan Kota Banjar. Waktu pelaksanaan tera ulang timbangan dilakukan secara serempak di empat wilayah tersebut.

Menurut petugas khusus dari Diperindag Tasikmalaya, Rohimat, bahwa program ini sangat penting diikuti oleh para pedagang yang transaksinya mamakai timbangan. Tujuannya untuk menjaga kestabilan timbangan supaya dalam melakukan transaksi jual beli tidak ada pihak yang dirugikan.

“Bahan timbangan itu semuanya terbuat dari logam, baik kuningan maupun besi. Kalau tidak selalu dibersihkan lama kelamaan debu dan kotoran yang melekat pada timbangan bisa mengakibatkan kerugian bagi si penjual atau pembelinya. Dengan demikian maka petugas akan menera ulang timbangan. Program ini diadakan secara berkala,” kata Rohimat.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat supaya tidak segan-segan menera ulang timbangannya demi kebaikan pedagang itu sendiri, serta masyarakat/konsumen.

Rohimat menambahkan, sebelum program tersebut dilaksanakan, terlebih dahulu pihaknya mengadakan koordinasi dengan pihak kecamatan yang ada di Kota Banjar, untuk selanjutnya disosialisasikan kepada masyarakat pedagang. Hal itu supaya pelaksanaan tera ulang timbangan dapat berjalan dengan lancar.  (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!