Kandidat Sekda Ciamis Masih Sepi Diperbincangkan

27/07/2012 0 Comments

(Sekitar Satu Bulan Lagi Tahyadi Pensiun)

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Meski pada bulan September mendatang masa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis yang kini diduduki Drs. H. Tahyadi Satibie, MM, akan berakhir, karena akan memasuki masa pensiun, namun belum ada tanda-tanda siapa calon yang dipersiapkan menjadi pengganti orang nomor satu di birokrasi Ciamis tersebut.

Jelang pergantian Sekda kali ini, tampak sepi dari perbincangan, baik di kalangan birokrasi maupun politisi Ciamis. Hal itu berbeda pada saat pergantian Sekda sebelumnya, yang kerap menjadi isu dan perbincangan  yang cukup hangat.

Bupati Ciamis, H. Engkon Komara, mengatakan,  meski masa jabatan Sekda saat ini akan habis pada tanggal 1 September, namun dirinya belum menentukan siapa nama calon pengganti Tahyadi. “ Saat ini masih dalam pembahasan. Yang pasti, ada 10 calon yang secara kapangkatan, golongan dan senioritas memenuhi persyaratan menjadi Sekda,” ujarnya, kepada HR, usai mengikuti Paripurna Penyampain KUA PPAS Kab. Ciamis, di Gedung DPRD Ciamis, Selasa  (24/7).

Engkon menambahkan siapapun nantinya Sekda yang terpilih, diharapkan bisa melanjutkan tugas-tugas yang sudah dilakukan oleh Sekda saat ini. “ Selain itu, Sekda terpilih nanti bisa bekerja sama dengan semua unsur,” ujarnya.

Menurut Engkon, dari 10 calon Sekda tersebut, saat ini masih dalam proses pembahasan di Baperjakat. Setelah dibahas di Baperjakat, nanti akan mengkerucut 3 calon yang akan diusulkan ke Gubernur.

“Nanti 3 calon Sekda itu akan mengikuti uji kelayakan di Provinsi. Lihat saja nanti bagaimana perkembangan setelah uji kelayakan. Namun, saya mengusulkan harus ada gender atau perempuan yang menjadi calon Sekda, agar kaum perempuan diberi kesempatan untuk bersaing, “ terangnya.

Engkon juga berharap, sehabisnya masa jabatan Sekda saat ini, tidak lama kemudian Sekda baru sudah bisa ditetapkan oleh Gubernur. Hal itu agar tidak lama terjadi kekosongan di jabatan Sekda.

Ditemui terpisah, Asisten Daerah (Asda) III Pemkab Ciamis, Dwiana Agustina, membenarkan bahwa saat ini pihaknya tengah mempersiapkan calon pengganti Tahyadi yang akan habis masa jabatannya pada tanggal 1 september mendatang.

Menurutnya, dari 10 PNS yang layak secara kepangkatan, golongan dan sudah menduduki jabatan di eselon II sebanyak dua kali, diantaranya H. Wahidin (Staf Ahli), H. Wawan Arifin (Staf Ahli), H Daradjat (Staf Ahli), H. Herdiat (Asda II), H Yoni Kuswandiono (Kepala BKDD), H Soekiman (Kadis Capliduk), H Sulaeman (Kepala BPLH) ,Hj. Nurhastuti (Staf Ahli), Hj Titin (Staf Ahli) dan Dwiana Agustina (Asda III).

Dwiana menambahkan, Baperjakat nantinya akan menjaring 3 nama untuk diusulkan kepada Bupati. Namun, hingga saat ini, Baperjakat masih terus melakukan pembahasan dan belum menentukan siapa 3 calon yang akan diajukan kepada Bupati.

Sementara itu, dari kabar yang berkembang, alasan tidak menjadi perbincangan hangat seputar pergantian Sekda kali ini, karena adanya calon Sekda yang dianggap kuat, sehingga menuntup peluang calon lain untuk bersaing. H. Herdiat yang saat ini menjabat Asda II, disebut-sebut sebagai calon Sekda terkuat untuk mengganti posisi Tahyadi yang satu bulan lebih akan habis masa jabatannya. (Bgj)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply