Komite Sekolah Apresiasi Dilibatkan Dalam Lomba Berprestasi

05/07/2012 0 Comments

Kasubag Program Dinas Pendidikan, Dudung Abdullah, saat menyerahkan piala kepada pemenang Komite Sekolah Berprestasi tingkat Kabupaten Ciamis, belum lama ini. Foto : Dian Sholeh Wardiana/HR.

Diikutsertakannya komite sekolah dalam ajang berprestasi bidang pendidikan sangat diapresiasi oleh sejumlah komite sekolah. Dengan begitu, berarti komite sekolah sudah diakui sebagai salah satu bagian dalam element pendidikan di Kabupaten Ciamis.

Pemenang Juara 1 Komite Sekolah Berprestasi jenjang SMA Kabupaten Ciamis, Yaya Suryana (Komite SMA Negeri 3 Ciamis), mengatakan dengan adanya acara pemilihan seperti ini sangat mendukung penuh demi menciptakan tenaga yang professional.

Acara tersebut juga menurutnya, sangat penting dan mempunyai dampak positif untuk lebih meningkatkan kualitas, dan komunikasi antara komite dengan satuan pendidikan.

“ Saya berharap acara seperti ini terus berlanjut setiap tahunnya, selain untuk meningkatkan profesi kependidikan juga tugas seorang komite membawahi masyarakat yang berhadapan langsung dalam menyukseskan pendidikan,” ujarnya, kepada HR, beberapa waktu lalu.

Disinggung soal kesan mendapat Juara 1 Komite Sekolah Berprestasi, Yaya mengatakan, sebuah kebanggaan yang luar biasa dirinya bisa meraih juara 1 lomba Komite Sekolah Berprestasi. Menurut dia, keberhasilan yang diraih oleh dirinya, merupakan keberhasilan seluruh warga pendidikan SMA Negeri 3 Ciamis. “ Keberhasilan ini adalah kesuksesan bersama, “ imbuhnya.

Menurut Yaya, dalam penilaian Komite Sekolah Berprestasi, tim penilai lebih menguji peserta dalam hal pengetahuan dan wawasan tentang tugas dan fungsi seorang komite sekolah. Tim penilai juga menanyakan soal peranan komite sekolah dalam membangun hubungan antara sekolah dengan masyarakat.

“ Dalam menjawab hal itu tentunya dibutuhkan pengalaman sebagai komite sekolah. Kebetulan saya sudah aktif sejak lama sebagai komite sekolah, jadi mudah untuk menjelaskan hal tersebut, “ ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Drs. H. Akasah, M.BA, mengatakan, pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi dilaksanakan untuk mengukur kinerjanya, yang meliputi aspek kemampuan melaksanakan tugas, kepribadian, pemahaman wawasan kependidikan serta partisipasi masyarakat.

Menurut Akasah, pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi merupakan suatu model atau contoh bagi pendidik dan tenaga kependidikan lainnya, karena yang bersangkutan mempunyai prestasi yang luar biasa atau melebihi yang dicapai pendidik lainnya.

“Sehingga, perkembangan pendidikan dalam meningkatkan mutu pada proses belajar mengajar, “ ujarnya.

Adapun juara lomba komite sekolah berprestasi tingkat Kabupaten Ciamis sebagai berikut; jenjang SD Juara 1 Nanang H.N (SDN 2 Sukadana), Juara 2 A. Hamid Ishak (SDN 1 Cijeungjing), Juara 3 Agus Martha Djaya (SDN 3 Sukamulya).

Jenjang SMP Juara 1 Diding S.Pd (SMPN 3 Pamarican), Juara 2 A.B Halim, S.Ag (SMPN 4 Langkaplancar), Juara 3 Bambang Iriyanto (SMPN 1 Pangandaran). Jenjang SMA/SMK Juara 1 Yaya Suryana (SMAN 3 Ciamis), Juara 2 Nurwahdan (SMAN 1 Ciamis). (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply