Lonjakan Pengunjung Berpotensi Ganggu Lalin

19/07/2012 0 Comments

(Area Parkir Ci Mall Minim)

Lahan parkir yang ada di ciamis mall yang dinilai tidak memadai jumlah kendaraan pengunjung. Foto : Dian Sholeh Wardiana Putra/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jelang pembukaan/ peresmian Ci Mall (Ciamis Mall), warga Ciamis merasa khawatir area parkir Ci Mall tidak memadai jumlah kendaraan pengunjung. Pasalnya, area parkir yang saat ini dimiliki Ci Mall sangat minim.

Prima MT Pribadi, warga Ciamis, Senin (16/7), mengatakan, dirinya sangat mendukung keberadaan Ci Mall. Alasannya, Ci Mall bisa menjadi sumber penghasilan baru bagi pemerintah dan sebagian warga Ciamis.

Namun, Prima mengaku menyayangkan, Ci Mall sebagai pusat perbelanjaan baru, yang ada di jalur ramai, memiliki area/ lahan parkir yang sangat sempit. Padahal, jika diperhatikan, tingkat arus lalu lintas di jalur tersebut sangat tinggi.

Dia khawatir, pada saat bersamaan, aktifitas lalu lalang pengunjung Ci Mall, akan berbenturan dengan aktifitas transportasi pengguna jalan (pengendara) yang lainnya. Dan bisa jadi, hal itu akan menimbulkan kecelakaan.

“Saya menyayangkan fasilitas lahan parkir Ci Mall yang kurang memadai. Jalur itu kan rawan terjadi kecelakaan. Bahkan, sebelum ada Ci Mall saja, kecelakaan lalu lintas kerap terjadi,” katanya.

Prima berharap, pihak Manajemen Ci Mall, juga bisa memikirkan dampak keramaian pengunjung dan aktifitas lalu lintas di kawasan tersebut. Dengan begitu, keamanan, kemacetan dan keselematan pengunjung serta pengguna jalan sama-sama terjamin.

Nanang, pengguna jalan, menilai, jika Ci Mall sedang ramai, aktifitas pengunjung serta kendaraan yang dibawa pengunjung bakal muntah sampai ke jalan. Dan kondisi itu, akan membuat jalan di kawasan itu menjadi ramai.

“Sementara area parkir yang ada di Ci Mall, kemungkinan tidak bisa menampung jumlah kendaraan pengunjung, apalgi jika jumlah pengunjung membludak,” katanya.

Ditemui terpisah, Kepala UPTD Parkir, Rahmat, di ruangan kerjanya, membenarkan, area parkir yang disediakan pihak Ci Mall belum maksimal. Menurut dia, lahan parkir Ci Mall saat ini sekitar panjang 34 M dan lebar 9,5 Meter.

Padahal, kata Rahmat, jika disesuaikan dengan aturan, Ci Mall seharusnya memiliki 68 RSP (Ruang Satuan Parkir). Tapi, pada kenyataannya, lahan parkir Ci Mall baru memiliki 13 RSP.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung, khususnya saat pembukaan dan Idul Fitri, Rahmat akan menyediakan tiga titik area parkir, diantaranya, di kawasan Bill Board alun-alun, Jl. Pemuda, dan samping Gedung Puspita.

“Meski begitu, sebenarnya tiga titik lahan parkir itu masih kurang cukup. Jika dihitung, jumlahnya area di Bilboard hanya 13 RSP, di jl. Pemuda 13 RSP, dan di samping Gedung Puspita 11 RSP, itu artinya masih kurang sekitar 31 RSP,” tambahnya.

Selain itu, demi kelancaran lalu lintas dan keselamatan, UPTD Parkir juga akan memasang rambu pelarangan parkir di area jalan depan Ci Mall. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!