MOPD SMA Plus Informatika Dibuka Kadisdik

19/07/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Drs H. Akasah, M.BA., secara resmi membuka acara MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) di lapangan terbuka SMA Plus Informatika Kab Ciamis, Senin (16/07).

Dalam sambutannya, Akasah mengatakan, kegiatan MOPD merupakan wahana proses pengenalan siswa baru agar bisa lebih mengenal lingkungan sekolah dan juga merupakan ajang perkenalan antara peserta dengan panitia atau kakak kelasnya.

Kegiatan MOPD selalu dilaksanakan di lembaga-lembaga pendidikan, karena selain memberikan pemahaman kepada siswa baru tentang sekolah, juga dikenalkan agenda kegiatan kesiswaan, seperti, PMR, Pramuka, Teater, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dia berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan MOPD jalinan komunikasi antara panitia dan peserta bisa terjalin dengan baik, dan peserta didik baru bisa langsung beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekolah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Plus Informatika, Asep Dhana, Drs., M.Pd., mengatakan, sedikitnya ada 290 orang peserta didik baru tahun ajaran 2012-2013, yang mengikuti kegiatan tersebut dengan bimbingan kakak kelas dan guru pembinanya.

Pelaksanaan MOPD di sekolah SMA Plus Informatika rutin dilaksanakan setiap tahun ajaran baru,  selain sebagai wahana pengenalan lingkungan juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mentalitas yang baik dan positif bagi para peserta didik baru.

Kegiatan MOPD yang diikuti oleh peserta didik berlangsung selama dua hari, yang diisi dengan pengenalan lingkungan sekolah, termasuk di dalamnya kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Seperti, Pramuka Format Bikers, Teater, IRM, dan kegiatan Osis.

Hari ketiganya, sesudah selesai acara MOPD, dilaksanakan acara jalan santai. Acara jalan santai ini sebagai ajang silaturahmi karena akan mendekati bulan ramadhan. Dalam acara ini juga panitia telah menyiapkan beragam hadiah untuk diberikan kepada peserta jalan santai yang beruntung dalam pengundian.

“Terakhir saya mengucapkan banyak terima kasih, terutama kepada Kepala Dinas Pendidikan Kab. Ciamis, yang telah menyempatkan hadir untuk membuka acara MOPD. Dan ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk sekolah. Karena, tidak semua sekolah bisa dibuka langsung oleh kepala dinas, “ pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply