Pasca Kelulusan Sekolah, Jumlah Pencaker Meningkat

12/07/2012 0 Comments

Akhir Juni pemohon kartu A1 lulusan tingkat SMA capai 360 orang

Banjar, (harapanrakyat.com),- Pasca kelulusan sekolah, pemohon kartu pencari kerja (A1) di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Banjar, meningkat. Terbukti, pada akhir Mei 2012 tercatat sekitar 295 orang pencari kerja (pencaker) lulusan sekolah tingkat SMA, sedangkan akhir bulan Juni jumlahnya menjadi 360 orang.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinsosnaker Kota Banjar, Wasino, Senin (9/7), mengatakan, trend meningkatnya jumlah pemohon kartu A1 biasanya terjadi setelah kelulusan sekolah dan Hari Raya Idul Fitri.

Berdasarkan data keseluruhan pencaker yang membuat kartu A1 sejak Januari-Juni 2012, jika dilihat dari jenjang pendidikan memang lebih didominasi lulusan sekolah tingkat SMA, yaitu sebanyak 1.092 orang.

Sedangkan untuk lulusan SD mencapai 131 orang, lulusan SMP 424 orang, D1-D3 sebanyak 28 orang, dan S1 sebanyak 67 orang, sehingga total keseluruhan jumlahnya mencapai 1.742 orang.

“Namun kita tidak mendata secara detail mengenai tahun kelulusannya maupun asal sekolahnya, apakah lulusan dari SMA atau SMK, karena kita mendatanya secara kumulatif atau umum. Hanya mungkin dalam setiap tahunnya untuk lulusan SMK diprediksikan sekitar 70% masuk dunia kerja dan 30% diantaranya ada yang melanjutkan sekolah maupun masih mengaggur,” ujarnya.

Selain itu, Wasino juga mengatakan, dari jumlah pemohon kartu A1 sebanyak 1.742 orang, belum tentu semuanya sudah terserap/diterima di dunia kerja/perusahaan. Pasalnya, akibat banyak pemilik kartu A1 yang tidak melaporkan kembali kepada Dinsosnaker mengenai setatusnya, apakah sudah bekerja atau masih mengaggur.

Padahal, kata dia, setiap pemegang kartu A1 harus melaporkan bilamana mereka sudah diterima kerja. Sedangkan bagi yang masih nganggur harus melapor setiap tiga bulan sekali, sehingga pihaknya bisa dengan mudah menghubungi jika ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply