BNNK Ciamis Gelar Tes Urin Awak Bus

16/08/2012 0 Comments

(Persiapan Transportasi Lebaran)

Sejumlah tenaga medis sedang memeriksa urine para awak bus, yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab. Ciamis. Foto : Dian Sholeh Wardiana Putra/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jelang arus mudik lebaran, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis, secara serentak menggelar Tes urin penyalahgunaan narkoba untuk supir angkutan Bus yang bertempat di Terminal Ciamis, Senin (13/8).

Digelarnya tes urin bagi awak angkutan Bus dari penyalahgunaan barang haram,  dimaksudkan untuk melakukan pemeriksaan sebagai salah satu upaya mengatasi tingginya kecelakaan di jalur lintas darat, saat arus mudik.

Kepala BNN Kabupaten Ciamis, drg. Engkan MM., ketika ditemui HR. Engkan mengatakan, digelarnya tes urin bagi awak angkutan Bus di terminal, untuk mengetahui supir bebas dari penyalahgunaan narkoba. Pemeriksaan tes urin dilakukan secara serentak.

Sedikitnya ada sekitar 100 orang awak angkutan Bus yang melakukan tes urin, dan semua hasilnya Negatif dari penyalahgunaan narkoba. Walaupun ada yang dinyatakan positif, pihaknya akan melakukan investigasi lebih jauh. Karena bisa kemungkinan sebelumnya dari minum obat warung atau pun obat resep dokter.

Lebih lanjut Engkan menuturkan, dilakukannya tes urin bagi awak angkutan bus merupakan pengembangan tehnik baru dalam pemberantasan narkoba. Kalau supir awak angkutan sudah memakai narkoba, tentunya akan membahayakan penumpang.

Menurut Engkan, BNN akan terus melakukan upaya pencegahan, khususnya pencegahan munculnya pemakai narkoba baru. Jangan sampai ada pemakai baru, dan yang sudah lama diupayakan untuk direhabilitasi.

“Saya berharap adanya partisipasi dari masyarakat untuk mencegah beredarnya barang haram secara luas. Kalau ada data atau Informasi yang menurut masyarakat mencurigakan, agar diberitahukan ke BNN atau kepolisian. Karena itu adalah bagian dari upaya pencegahan,” ujarnya.

Pengurus Organda Kabupaten Ciamis, Eki Brata Kusuma, mengatakan, sangat mendukung langkah BNNK Ciamis dengan diadakannya tes Urin. Karena menurutnya, Organda juga mempunyai tanggung jawab dalam membina awak angkutan.

Dengan adanya tes urin penyalahgunaan Narkoba bagi awak angkutan Bus, sangat tepat sekali ketika mendekati lebaran. Namun kalau bisa, hal seperti ini dilakukan juga secara periodik atau berkelanjutan.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Ciamis, AKP Herdis, mengatakan, pihaknya terus akan melakukan koordinasi dengan BNNK Ciamis, untuk terus mewujudkan agar ciamis bebas dari barang haram tersebut.

Untuk kasus peredaran di Ciamis sendiri, masih skala kecil, dan dari semua kasus yang diungkap di satuan Narkoba Polres Ciamis, paling banyak terdapat barang haram sampai 6 kilogram.

Dalam pengedarannya pun sekarang sudah bermacam-macam cara, modusnya seperti, disimpan dalam rangsel mobil, tanpa sepengetahuan supir atau kernet, dengan dibungkus kain basah dimaksudkan supaya barang haram tersebut tidak sampai tercium.

“Alhamdulillah, kemarin (Minggu-red) kami berhasil mengungkap dengan mengamankan Ganja kering sebanyak 2 Kg, dengan tempat TKP di halaman hotel Karang Manis,” pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply