Disnak Diminta Awasi Ketat Bahan Baku Usaha Kuliner Bebek

16/08/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),Merebaknya usaha olahan bebek baik dari mulai kaki lima, cafe dan resto merupakan fenomena tersendiri bagi warga Ciamis. Setidaknya, bahwa olahan daging bebek mampu menarik minat warga Ciamis, untuk berwisata kuliner.

Tidak hanya itu, maraknya usaha di bidang olahan bebek tersebut secara tidak langsung menunjukan perkembangan ekonomi kota, khususnya di bidang usaha kuliner yang kian hari mengalami peningkatan.

Namun begitu, Prima MT, warga Baregbeg Ciamis, berharap suplai bahan baku bebek yang digunakan untuk usaha kuliner, diambil dari potensi peternakan yang terdapat di wilayah Kab. Ciamis.

“Biar peternak bebek di Ciamis juga bisa menikmati untung,” katanya.

Menurut Prima, di tengah maraknya bisnis kuliner jajanan olahan bebek, Dinas Peternakan  (Disnak) Kab. Ciamis juga seharusnya turut mengawasi perkembangan peternakan bebek, termasuk soal kesehatan hewan/ bebek.

“Ini penting, Disnak harus mengawasi kesehatan bahan baku yang digunakan oleh para pengusah kuliner bebek,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Heri, warga Rancah, mengaku sangat menyambut gembira, karena bisnis kuliner olahan bebek bisa menjadi salah satu bisnis yang bisa diandalkan oleh warga Ciamis.

“Dari sisi ekonomi, berarti warga Ciamis bisa meraih kemajuan. Tapi dari sisi kesehatan, Disnak harus turut serta mengawasinya, salah satunya dengan melakukan pembinaan lebih lanjut,” katanya.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Disnak Kab. Ciamis, Maman Sukmana, mengatakan, pihaknya akan mengawasi bahan baku bebek yang digunakan oleh para pengusaha kuliner bebek di Ciamis.

“Yang masih susah yakni mengawasi bebek impor. Kalau untuk bebek lokal Ciamis, kami dalam tiga bulan sekali, selalu melakukan pengawasan,” pungkasnya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!