Jelang Lebaran Tak Ada Lonjakan Nasabah di Pegadaian

16/08/2012 Berita Banjar
Jelang Lebaran Tak Ada Lonjakan Nasabah di Pegadaian

Banjar, (harapanrakyat.com),- Menjelang Lebaran tahun ini, jumlah barang yang masuk ke Kantor Perusahaan Umum (Perum) Pegadaian Cabang Banjar ternyata lebih sedikit, pasalnya banyak masyarakat yang justru malah menebus barang gadaiannya.

Hal itu dikatakan Yuli, salah seorang petugas pembayaran di Perum Pegadaian Cabang Banjar, Senin (14/8). Menurut dia, biasanya peningkatan jumlah barang yang masuk terjadi sejak dua minggu sebelum Lebaran.

Padahal, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan nasabah, menjelang Lebaran tahun ini Perum Pegadaian Pusat menyiapkan kredit sebesar Rp. 10 triliun.

“Memang biasanya kalau sudah mendekati Lebaran banyak masyarakat yang menggadaikan barang, dalam hal ini berupa emas atau sepeda motor berikut dengan BPKB-nya. Tapi menjelang Lebaran kali ini tidak ada peningkatan yang signifikan, normal-normal saja. Mungkin sekarang masyarakat banyak menebus barangnya itu untuk dipakai saat Lebaran,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, jenis barang yang digadaikan warga berupa perhiasan/emas dan sepeda motor buatan Jepang minimal keluaran tahun 2005. Lantaran, Perum Pegadaian kini lebih selektif dalam penerimaan barang gadaian.

Pihaknya tidak lagi menerima barang gadaian berupa elektronik, sebab nilai taksiran pada barang tersebut jauh lebih rendah, dan harga jual di pasaran pun gampang turun, pasalnya barang elektronik cepat sekali mengeluarkan produk atau type baru, seperti halnya handphone.

“Kalau dulu memang kami menerima barang gadaian berupa elektronik, bahkan kain samping pun kami terima. Namun, seiring dengan kemajuan jaman, jenis barang-barang tersebut tidak lagi memiliki nilai jual yang tinggi, dan tidak laku ketika dilelang. Sedangkan emas atau sepeda motor nilai jualnya tetap tinggi. Tapi untuk sepeda motor juga bukan buatan Cina, sebab harga jualnya sama rendah,” tuturnya.

Yuli menambahkan, untuk memaksimalkan pelayanan, saat ini di Kota Banjar telah dibuka dua Kantor Unit Pegadaian, yaitu di Jl. Husein Kartasasmita dan Jl. Tentara Pelajar, tepatnya di daerah Sumanding. Selain itu, juga ada Pegadaian Syariah yang tempatnya di Jl. Gudang. (Eva)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles