Jumlah Kiriman Kartu Lebaran Melalui Kantor Pos Minim

16/08/2012 0 Comments

(Fungsi surat beralih melalui SMS dan BBM)

Hingga H-6 Lebaran tahun 2012, jumlah kiriman melalui Kantor Pos Banjar masih normal. Tampak ruangan pelayanan di kantor tersebut terlihat lengang. Foto : Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Hingga H-6 Lebaran tahun 2012, jumlah kiriman melalui Kantor Pos Banjar masih terlihat normal, baik kiriman pos berupa paket, mail/surat, kartu ucapan Idul Firti, serta pengiriman uang melalui Western Union.

Bagian Pemasaran Kantor Pos Banjar, Atis. S, saat ditemui HR di ruang kerjanya, Senin (13/8), mengatakan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana puncak keramaian semua jenis pengiriman terjadi mulai H-7 Lebaran. Bahkan, untuk pengiriman kartu ucapan dan paket pos mengalami peningkatan sejak awal Ramadhan.

“Tapi untuk Lebaran tahun ini, pengguna jasa kartu pos Lebaran lebih banyak digunakan instansi perkantoran maupun perusahaan terhadap relasinya, lantaran mengirim dengan kartu itu dianggap lebih resmi dan santun. Sedangkan dari umum tidak ada, apalagi kondisi saat ini surat menyurat seolah sudah tidak populer lagi. Kini masyarakat lebih memilih memanfaatkan fasilitas komunikasi melalui layanan telepon seluler untuk berbagai kabar,” tutur Atis.

Lanjut dia, fungsi surat beralih ke pesan singkat melalui short message service (SMS) dan BlackBerry Messenger (BBM). Tak hanya itu, banyak pula yang beralih menggunakan surat elektronik (e-mail) dalam layanan internet.

Bukan hanya itu, pengiriman uang melalui Western Union (WO) sampai memasuki H-6 Lebaran juga masih sepi seperti hari-hari biasa, artinya tidak ada peningkatan yang signifikan.

Menurut Atis, hal itu akibat banyaknya jasa pengiriman WO melalui Indomart maupun jasa pengiriman sejenisnya yang kini sudah banyak dilayani di beberapa bank swasta.  Begitu pula dengan adanya beberapa agen pengiriman barang/paket di Kota Banjar, sehingga pengiriman melalui Kantor Pos tidak seramai dulu.

“Pengiriman paket melalui pos memang masih diminati masyarakat, khususnya para pelanggan yang sudah terbiasa menggunakan jasa pelayanan di Kantor Pos. Kemudian pengiriman surat dengan perangko biasa juga masih ada, tapi minim sekali, pelanggannya hanya dari masyarakat bawah, sedangkan untuk pengiriman surat dengan kilat khusus dari masyarakat menengah ke atas,” ujarnya.

Meski demikian, PT Pos Indonesia (Persero) akan tetap eksis dan terus berupaya untuk lebih memudahkan pelayanan transaksi di masyarakat, baik yang bersifat mail, paket¸ maupun transaksi keuangan seperti pengiriman uang dan pos pay.

Atis menambahkan, hal itu sesuai dengan visi dari PT. Pos Indonesia, yaitu berkomitmen kepada pelanggan untuk menyediakan layanan yang selalu tepat waktu dan nilai terbaik. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply