Kang Agun Bantu Warga Miskin yang Rumahnya Ambruk

16/08/2012 0 Comments

Anggota DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, bantu warga miskin yang rumahnya ambruk di Desa Paledah Kecamatan Padaherang. Foto : Entang/HR.

Entang SR

Jika sudah menyangkut kepentingan rakyat, Anggota DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, tak pernah tinggal diam. Hanya berbekal informasi dari jejaring sosial facebook bahwa ada warga miskin di Desa Paledah Kecamatan Padaherang yang rumahnya ambruk, lantaran sudah lapuk dimakan usia, Agun yang kebetulan tengah menjalankan tugas reses di Ciamis, langusng berkunjung untuk memberikan santunan kepada warga miskin tersebut.

Warga miskin yang rumahnya ambruk itu bernama Kiswandi, warga RT 24/ RW 08 Dusun Cibadak Desa Peledah Kecamatan Padaherang Kabupaten Ciamis. Rumah bilik ukuran 5×7 meter ini, Selasa 24 Juli lalu, hancur rata dengan tanah. Robohnya rumah tersebut diakibatkan kondisi bangunannya sudah lapuk di makan usia.

Menurut Tokoh Pemuda setempat, Warino, rumah Kiswandi yang ambruk itu dibangun pada tahun 1925 silam, dan hingga ambruknya rumah itu, belum pernah  dilakukan renovasi.

“ Berarti rumah itu usianya sudah 85 tahun. Rumah itu merupakan warisan dari Bapaknya Pak Kiswandi. Semenjak dibangun, belum pernah sekalipun dilakukan renovasi. Maklum, Pak Kiswandi sudah lanjut usia serta hanya sebagai buruh serabutan. Jadi penghasilan dia hanya cukup untuk makan keluarganya sehari-hari,”  katanya.

Meski nasib apes menimpa Kiswandi, namun warga setempat pun tidak tinggal diam. Warga Dusun Cibadak melakukan gotong royong dan memberikan bantuan secara swadaya. Ada yang menyumbang matrial, ada pula yang menyumbang pohon kelapa sebagai kayu penyangga rumah. Pengerjaan bangunannya pun dikerjakan oleh warga secara sukarela.

“ Meski sedang menjalankan ibadah puasa, tetapi semangat warga untuk membantu membangun kembali rumah Pak Kiswandi begitu antusias. Mungkin karena budaya gotong royong masih tumbuh dan berjalan di warga Dusun Cibadak, jadi tidak sulit untuk mengumpulkan warga guna membantu mendirikan rumah Pak Kiwandi. Mereka datang sendiri secara sukarela ikut membantu, tanpa ada yang memerintah atau mengajak, “ terang Warino.

Warino pun sempat mengupdate foto-foto rumah ambruk milik Kiswandi itu di akun facebook-nya. Melihat update foto tersebut di jejaring sosial facebook, Agun langsung berniat untuk mengunjungi rumah yang ambruk tersebut.

Menurut Agun, ketika melihat foto-foto mengenai rumah ambruk di facebook, dia kebetulan tengah berada di Kabupaten Ciamis tengah menjalankan tugas reses di daerah pemilihannya.

“ Saya dikabarin sama sahabat saya Pak Warino melalui facebook bahwa ada rumah warga miskin di daerahnya yang ambruk. Jadi saya menyempatkan diri untuk berkunjung, sekaligus juga ingin melihat dari dekat mengenai tradisi kebersamaan gotong royong warga sini yang masih terpupuk dengan baik,” ujar Agun ketika berkunjung ke lokasi rumah ambruk milik Kiswandi tersebut, Senin (27/7).

“ Terus terang, saya bangga dan salut ternyata masih ada jiwa kebersamaan dan gotong royong di desa ini. Hal ini tentunya patut ditiru oleh daerah lainnya, “ tambahnya.

Dalam kesempatan itu pun, Kang Agun—sapaan akrab Agun Gunandjar Sudarsa— langsung memberikan bantuan kepada Kiswandi warga miskin yang rumahnya ambruk itu, sebesar Rp. 5 juta. Pemberian uang bantuan itu langsung diserahkan Agun kepada Kiswandi.

Kiswandi pun langsung mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. Dia mengatakan, sangat bersyukur dengan adanya bantuan uang yang diberikan Kang Agun untuk kembali membangun rumahnya yang ambruk.

“ Terima kasih. Alhamdulilah, semoga Allah membalas kebaikan ini kepada Bapak,” ucap Kiswandi dengan mata berkaca- kaca, saat Kang Agun memberikan uang bantuan kepada Kiswandi.

Tak hanya Kiswandi, warga Dusun Paledah pun mengucapkan terima kasih kepada Kang Agun yang sudah mau melihat keadaan rakyat miskin di perkampungan dan memberikan uang bantuan kepada Kiswandi. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply