Kang Agun Gelar Silaturahmi di Ponpes Al-wasilah

16/08/2012 0 Comments

Ketua Komisi II DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa Bc.Ip.,M.Si., memberikan ceramah kebangsaan di hadapan puluhan tokoh Ulama Ciamis Utara, Sabtu (28/7). Foto : Dian Sholeh Wardiana Putra/HR.

Panawangan, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka mengisi kegiatan silaturahmi di bulan Ramadhan, Ketua Komisi II DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa Bc.Ip.,M.Si., memberikan ceramah kebangsaan di hadapan puluhan tokoh Ulama Ciamis Utara, Sabtu (28/7).

Acara silaturahmi tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Al-Wasilah Cirikip Kecamatan Panawangan. Dalam pidato kebangsaannya, Agun mengungkapkan, bahwa Kemerdekaan Negara Indonesia tidak terlepas dari peranan tokoh ulama, seperti K.H Wahid Hasyim.

Menurut Agun, sosok K.H Wahid Hasyim merupakan salah satu ulama besar dan tokoh pahlawan Indonesia. Yang bersangkutan, kata dia, mempunyai peranan penting dalam sidang BPUPKI, PPKI, dan juga dalam perumusan dasar Negara bersama tokoh Islam lainnya. Dalam sidang itu para tokoh menyetujui perubahan perumusan sila pertama dari pancasila.

Lebih lanjut. Agun menjelaskan, ulama tidak hanya mempunyai peran penting saat merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Namun, di era modern ulama masih sangat berperan dalam tata kehidupan Negara. Bahkan diharapkan ulama harus bisa menjadi pengayom masyarakat agar tetap bersatu.

Agun menambahkan, Bangsa Indonesia akan Survive (bertahan) dan maju menghadapi persaingan global, apabila tetap konsisten pada penguatan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebaliknya, kata dia, Bangsa Indonesia akan terpuruk dan terpinggirkan apabila mengabaikan nilai-nilai pancasila, yang selama ini sudah menjadi pandangan dalam kehidupan berbangsa.

Meski begitu, lanjut Agun, dalam sistem politik yang demokratis, dipersyaratkan tentang liberalism atau kebebasan. Namun, bukan kebebasan mutlak, melainkan kebebasan yang bertanggung jawab.

Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Al-Wasilah, K. Engkos Kosasih, mengatakan, suatu kebahagiaan tersendiri khususnya bagi pesantren sebagai tuan rumah bisa kedatangan tokoh Nasional yang juga Ketua Komisi II DPR RI.

“Saya sangat senang dengan adanya silaturahmi Kang Agun ke Pesantren. Dan ini yang kedua kalinya, Kang Agun mengunjungi pesantren Al-Wasilah. Sebelumnya, Kang Agun juga pernah membantu dalam acara sunatan massal,” ujarnya.

Ceramah kebangsaan silaturahmi bersama puluhan tokoh ulama Ciamis Utara yang mengambil Tema “ Dengan semangat Ramadhan kita jadikan pribadi masyarakat dan bangsa yang jujur, adil, dan bermartabat”,

Dengan adanya kegiatan silaturahmi dan buka bersama dengan Ketua Komisi II DPR RI yang tergolong sederhana, menurut Engkos, sebuah kebahagiaan tersendiri. Karena masih ada wakil rakyat yang ingin turun ke masyarakat, dan tidak ada pengawalan ketat dari keamanan. (dsw)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply