Kemenag Gelar Pembinaan Manasik Haji Tingkat Kota Banjar

30/08/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka mempersiapkan pemberangkatan calon jemaah haji tahun 1433 H/2012 M, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjar menggelar kegiatan pembinaan manasik haji tingkat Kota Banjar.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yakni Selasa-Rabu (28-29/8), diikuti sebanyak 163 calon haji, bertempat di Gedung Dakwah Islam, dan dibuka secara langsung oleh Kepala Kemenag Kota Banjar, Drs. H. Undang Munawar, serta dihadiri pula perwakilan dari Dinas Kesehatan dan Bagian Sosial Setda Kota Banjar.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Selasa (28/8), Kasie. Urais Kemenag, H. Lukman Hakim, S.Ag., mengatakan, bahwa tema yang diambil dalam peminaan manasik haji tahun ini yaitu, Dengan menguasai manasik haji kita wujudkan haji yang mandiri.

“Untuk kegiatan dihari pertama yakni pembinaan manasik haji, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai vaksin meningitis dan vaksin pencegahan virus influenza yang disampaikan oleh Dr. Anceu dari Dinas Kesehatan,” kata Lukman.

Sementara kegiatan pembinaan dihari kedua masih seputar pengarahan, dan teori bagaimana mengenakan pakaian ikhrom. Kemudian dilanjutkan praktek ibadah Sa’i yang akan dilaksanakan di Stadion Patroman. Dari Gedung Dakwah Islam jemaah calon haji berjalan kaki menuju ke stadion.

Lukman menambahkan, tahun ini Kota Banjar akan memberangkatkan sebanyak 163 jemaah ditambah 1 orang petugas pembina haji. Semuanya sudah beres secara administrasi, dan saat ini tinggal menunggu ketentuan mengenai kelompok terbang (kloter).

Pembagian kloter rencananya akan dirapatkan tanggal 12 September mendatang. Untuk satu kloter nantinya akan didampingi oleh 1 orang dokter dan 1 perawat dari TPHI (Tim Pembimbing Haji Indonesia) dan TPIH (Tim Pembimbing Ibadah Haji). (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!