Kirab Seni Budaya Priatim Tahun 2012 Digelar di Kota Banjar

30/08/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),-  Kirab Seni Budaya tahun 2012 tingkat Prov. Jabar zona IV akan digelar di Kota Banjar pada tanggal 15 September mendatang. Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan Bidang Seni Kontemporer dan Perfilman Dinas Pariwisata dan Budaya Prov. Jabar.

Menurut Kasie. Kebudayaan Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika dan Pariwisata (Dishubkominpar) Kota Banjar, Aco Karso, bahwa sebagai tuan rumah, Kota Banjar hanya akan memfasilitasi perijinan, tempat serta pengamanan.

Adapun peserta Kirab Seni Budaya untuk zona IV ini diikuti oleh tujuh kabupaten kota se-Priangan Timur, meliputi Sumedang, Bandung, Garut, Kab. Tasik, Kota Tasik, Ciamis dan Banjar.

“Bentuk kegiatannya berupa helaran seni, jadi nanti setiap kabupaten kota akan menampilkan kesenian dan budaya khas daerahnya masing-masing. Sedangkan, persiapan rute awal dan akhir helaran bertempat di kawasan Terminal Bis Banjar, tepatnya di lahan depan Stadion Patroman,” tutur Aco, pada HR, Selasa (28/8).

Pelaksanaan kirab akan dimulai dari jam 8 pagi hingga selesai. Para peserta akan menempuh rute dari kawasan terminal ke jalan pertigaan MTsN Banjar, SMPN 3 Banjar, masuk ke Jl. Perintis Kemerdekaan, pertigaan Ayo, Cimenyan, perempatan Soponyono, masuk ke Jl. Letjen. Soewarto dan unjuk seni masih-masih daerah di depan panggung kehormatan yang ada di depan Kantor BJB. Kemudian kembali lagi ke kawasan terminal.

Aco mengatakan, dalam acara Kirab Seni Budaya kali ini, Kota Banjar akan menampilkan kesenian Reog Dongkol, Kentongan, serta Reak yaitu perpaduan Reog, Angklung dan Kuda Lumping.

“Perekrutan peserta kirab kami akan mengambil dari yang sudah biasa ikutan kegiatan helaran, sehingga mereka sudah siap tampil. Kalau harus mencari peserta baru, tentunya memerlukan banyak waktu, juga butuh biaya untuk latihan. Sedangkan biaya kebutuhan tersebut tidak tercantum dalam DPA-nya,” ujar Aco.

Selain kegiatan helaran seni budaya, pada malam harinya acara dilanjutkan dengan pagelaran wayang golek dari dalang Asep Sunandar, bertempat di depan Stadion Patroman.

Aco menambahkan, diselenggarakannya kegiatan Kirab Seni Budaya tahun 2012 di Kota Banjar tentunya akan menjadi nilai tambah bagi Kota Banjar sendiri, khususnya bidang pendidikan dan kebudayaan.

“Untuk itu, kami berharap adanya kerjasama dengan pihak sekolah sehingga anak-anak pelajar bisa menyaksikan kegiatan Kirab Seni Budaya, agar mereka mengetahui dan melihat secara langsung jenis-jenis kesenian dan kebudayaan yang ada di wilayah Priangan Timur,” pungkasnya. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!