Libur Lebaran 2012, Pengunjung Situ Lengkong Meningkat Tajam

30/08/2012 0 Comments

Panjalu, (harapanrakyat.com),Jumlah pengunjung yang datang ke obyek wisata Situ Lengkong, Panjalu, Kab. Ciamis, sejak H+3 Idul Fitri 1433 H meningkat tajam. Dalam setiap harinya, juru parkir di kawasan tersebut mencatat ada sekitar 2.000 hingga 3.000 unit sepeda motor yang masuk silih berganti.

Akibatnya, area parkir yang tersedia tidak dapat menampung jumlah kendaraan roda dua sebanyak itu, sehingga jalan pintu masuk ke lokasi wisata dan halaman Kantor UPTD Kebudayaan dan Pariwisata Panjalu dijadikan lokasi parkir.

Lukman, salah seorang juru parkir, saat ditemui HR, Rabu (22/8), mengatakan, penggunaan lahan tersebut berdasarkan instruksi dari Ketua Paguyuban Kaula Muda Cukang Padung (PKMCP), dalam rangka turut membantu pengamanan kendaraan para pengunjung yang datang ke Situ Lengkong Panjalu.

Ditemui di tempat terpisah, Asep Yusup, Ketua Karang Tarna Desa Panjalu,  membenarkan, bahwa memang anak-anak muda yang terlibat menjadi juru parkir berdasarkan atas perintahnya agar membantu menjaga keamanan kendaraan pengunjung. Terlebih jumlah petugas dari Dinas Perhubungan Ciamis di lokasi itu sangat terbatas.

“Namun demikian, juru parkir tidak dibenarkan memungut uang untuk jasa parkir, kalaupun ada yang ngasih ya silahkan saja,” kata Asep.

Sementara di lain pihak, Kepala UPTD Kebudayaan dan Pariwisata Panjalu, Yayah, Sos., ketika ditemui HR, menyebutkan, puncak peningkatan volume kendaraan roda dua yang datang berkunjung ke Situ Lengkong Panjalu terjadi pada H+5 hingga masa libur Lebaran berakhir, yakni Minggu (26/8).

Menurutnya, dalam kurun waktu 3 hari saja omset yang didapat dari hasilpenjualan tiket masuk jumlahnya mencapai sekitar Rp. 48 juta. Pendapatan sebesar itu dibagi dua dengan pemerintah daerah sesuai ketentuan, yakni 70% untuk pemerintah desa dan 30% untuk pemerintah kabupaten. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!