Pamong Desa Minta Anggaran Khusus Pembelian Pertamax

30/08/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Aturan pemerintah yang mengharuskan kendaraan berplat merah menggunakan bahan bakar jenis pertamax menjadi beban tersendiri bagi sebagian Kepala Desa di Kab. Ciamis. Pasalnya, keharusan mengisi bahan bekar pertamax tersebut tidak dibarengi dengan penyediaan anggaran.

Ketua Asosiasi Pamong Desa Indonesia (APDI) Kab. Ciamis, Ahmad Hidayat, beberapa waktu yang lalu, mengatakan, penggantian penggunaan bahan bakar premium menjadi pertamax merupakan tindakan bagus yang dilakukan pemerintah. Namun begitu, perpindahan tersebut bagi setiap Kepala Desa merupakan satu hal yang cukup memberatkan.

“Kami sangat menyambut baik peraturan tersebut. Sayangnya, kebutuhan pengisian bahan bakar pertamax tersebut harus didesuaikan dengan anggaran desa yang cukup terbatas,” ungkapnya.

Ahmad atau lebih dikenal Mad Max meminta, selain menetapkan aturan, pemerintah juga mengalokasikan anggaran untuk membantu mobilisasi kendaraan yang digunakan para pamong desa.

Menurut dia, sementara ini anggaran yang disediakan baru sampai untuk kendaraan pegawai di tingkat dinas/ SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Untuk itu, kata dia, para Pamong Desa yang tergabung melalui APDI akan mengajukan anggaran tersebut.

“Harusnya ada anggaran khusus, atau di luar Alokasi Dana Desa (ADD),” katanya.

Senada dengan itu, Kades Mekarjaya, Asep Nugraha S,Pd, mengatakan, jangan sampai anggaran pembelian pertamax diambil dari ADD. Soalnya, kata dia, dana ADD sendiri jumlahnya masih minim, jika dibandingkan dengan kebutuhan pembangunan di desa.

“Jika tidak ada anggaran khusus untuk pembelian pertamax, jelas pamong desa akan kesulitan,” ungkapnya.

Asep berharap, pemerintah Kab. Ciamis membantu meringankan beban/ kesulitan yang saat ini dirasakan oleh para Pamong Desa. Bahkan, dia menambahkan, semenjak pemberlakuakn aturan penggunaan pertamax, mayoritas Pamong Desa lebih jarang menggunakan kendaraan operasional desa. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply