Paskibaraka Ciamis Diminta Kenali Bahaya Narkoba

30/08/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab. Ciamis menggelar acara sosialisasi bahaya penggunaan Narkoba (Narkotika dan obat-obat terlarang) kepada puluhan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kab. Ciamis, minggu lalu, di Aula Wisma PGRI Ciamis.

Kepala BNN Kab. Ciamis, drg. Engkan, melalui Kabag Perencanaan BNN, Suhendi SH, mengatakan, kegiatan sosialisasi bahaya narkoba itu bertujuan untuk menghindari pemakaian pada generasi muda.

Dalam acara itu, Suhendi menuturkan, pengaruh penggunaan narkoba, membuat pemakainya seolah seperti hewan. Ketika memakainya, emosi pemakai menjadi tidak terkendali, dan cenderung akal dan pikirannya menjadi tidak sehat.

Menurut Suhendi, sedikitnya sekitar 1 juta syaraf di dalam tubuh pemakai akan mengalami kerusakan, bahkan bisa menimbulkan pengaruh yang sangat fatal. Hal itu terjadi, saat seseorang mengkonsumsi narkoba.

Lebih lanjut, Suhendi menyebutkan, jalur peredaran narkoba sudah merambah ke segala lingkungan kehidupan. Bahkan, lingkungan kampus dan sekolah tidak luput dari serbuan narkoba.

“Kalian sebagai pelajar penerus generasi bangsa, yang akan menentukan lancar atau macetnya roda pembangunan. Bagaimana lajunya roda pembangunan bangsa ini jika digerakan dan dikemudikan oleh para pecandu,” ungkapnya, saat mengisi acara sosialisasi, di hadapan anggota Paskibraka Ciamis.

Suhendi menambahkan, kegiatan sosialisasi juga sebagai suatu tindakan untuk Indonesia bebas narkoba di tahun 2015. Hal itu sesuai dengan Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 12 tahun 2011, tentang kebijakan dan strategi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap Narkoba (P4GN).

Pada kesempatan yang sama, Ketua PPI (Purna Paskibraka Indonesia), Nurcholis, mengatakan, sosialisasi bahaya narkoba menjadi salah satu materi acara dalam kegiatan Pemusatan Paskibra tahun 2012.

Menurut Nurcholis, dengan adanya sosialisasi dari BNN, peserta anggota Paskibraka akan bisa lebih memahami tentang bahaya narkoba, serta dampak buruk apabila sampai mengkonsumsi barang haram tersebut.

Ditemui terpisah, Koordinator Kegiatan Sosialisasi, H. Dedi Kusmana S.Pd, menuturkan, acara sosialisasi bagi anggota Paskibraka atau pelajar tersebut sangat positif, dan bisa memberikan pencerahan bagi kalangan remaja. Dan kegiatan itu juga merupakan langkah preventif.

“Saya berharap pelajar dituntut mampu menciptakan kepedulian terhadap penyalahgunaan narkotika, bahan adaktif (Narkoba), dan terampil menolaknya,” pungkasnya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!