Pasang Iklan

Petugas Kebersihan Kerjabakti Punguti Sampah di Selokan

Petugas kebersihan DKPPLH Kota Banjar tengah membersihkan sampah di selokan. Membuang sampah bukan pada tempatnya menandakan masih rendahnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. Foto : Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Kesadaran masyarakat Banjar akan kebersihan lingkungan dinilai masih rendah. Hal itu terbukti banyaknya sampah yang dibuang warga di sembarang tempat. Seperti terlihat di sepanjang drainase/selokan jalan Gang Veteran 1 dan 2, yang berada di wilayah Kel. Hegarsari, Kec. Pataruman, dan Kel. Mekarsari, Kec. Banjar.

Menurut Kebid. Kebersihan Dinas Kebersihan, Pertamanan, Pemakaman dan Lingkungan Hidup (DKPPLH) Kota Banjar, Asno Sutarno, SP, MP., bahwa volume sampah yang terdapat di sepanjang drainase tersebut cukup banyak. Padahal, jalan Gang Veteran lokasinya berada di kawasan perkotaan.

“Tapi sangat ironis, selokan yang lokasinya berada di jantung Kota Banjar malah dijadikan tempat pembuangan sampah. Menurut warga sekitar, katanya sampah ini sengaja dibuang oleh orang yang melintas dengan mengendarai sepeda motor. Namun tidak tahu pasti warga mana-mananya. Kalau sampah dari rumah warga di kawasan sini setiap hari diangkut oleh petugas kami yang menggunakan motor roda,” tutur Asno, saat dijumpai HR di lokasi tersebut, Senin (13/8).

Kegiatan beberesih di selokan yang dilakukan petugas kebersihan berdasarkan permintaan dari Komisi C DPRD Kota Banjar, setelah sebelumnya pihak Komisi C menerima pengaduan dari masyarakat mengenai banyaknya sampah di tempat itu.

Lebih lanjut Asno mengatakan, sebetulnya tugas para petugas kebersihan DKPPLH hanya membersihkan/mengambil sampah dari pemukiman warga yang dibuang pada tempatnya, dan di sepanjang jalan protokol.

Sedangkan, banyaknya sampah di selokan itu merupakan prilaku masyarakat, sehingga pihak kelurahan setempat yang harus menggerakan warganya untuk melakukan beberesih. Tapi setelah pihaknya berkoordinasi dengan pihak kelurahan terkait, kedua kelurahan tersebut tidak menyanggupi.

“Akhirnya kami menggerakan sebanyak tujuh orang petugas motor roda sampah untuk membersihan dan mengangkut sampah dari selokan ini. Kalau prilaku masyarakat masih tetap seperti sekarang, itu berarti kesadaran warga Kota Banjar akan kebersihan lingkungan masih rendah,” kata Asno. (Eva)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below