Posko Kesehatan Jalur Mudik Siaga 24 Jam

16/08/2012 Berita Banjar
Posko Kesehatan Jalur Mudik Siaga 24 Jam

Pihak Kepolisian Siap 100% Atasi Kelancaran Lalin

Banjar, (harapanrakyat.com),- Untuk mengantisipasi para pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar telah menyiapkan enam posko pelayanan kesehatan yang ditempatkan di beberapa titik.

Kasat. Lantas Polresta Banjar
AKP. Didin Jarudin, S.Sos

Saat ditemui HR di ruangan kerjanya, Senin (13/8), Kabid. Pelayanan Kesehatan (Yankes), Dr. Agus Budiana, didamping Kasie. Yankesus dan Legislasi, Enjang Suryana, mengatakan, petugas jaga di posko layanan kesehatan yang ditempatkan di jalur mudik siap siaga selama 24 jam.

“Posko tersebut berada di kawasan Rest Area Banjar Atas, kemudian di sekitar perbatasan Banjar-Cijolang, Terminal Bis, dan Stasiun Kereta Api. Salain itu, Dinas Kesehatan juga menurunkan 120 petugas, mereka ditempatkan di posko layanan kesehatan, puskesmas-puskesmas, dan di RSUD Banjar. Dalam hal ini, kami juga sudah melakukan koordinasi dengan berbagai intansi terkait lain, diantaranya Polresta Banjar, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, PMI, dan RAFI Kota Banjar,” terang Agus.

Sementara itu Enjang menambahkan, pihaknya juga menyiapkan 14 mobil ambulance yang telah siaga sejak H-7 sampai H+7 nanti. Apabila ada pemudik yang terkendala dengan kesehatannya dan perlu penanganan lebih lanjut, maka pasien akan dirujuk ke RSUD, atau ke rumah sakit swasta yang ada di Kota Banjar.

Enjang menyebutkan, pada musim arus mudik Lebaran tahun 2011, posko layanan kesehatan yang ada di Kota Banjar melayani 454 pasien. Jumlah sebanyak itu terdiri dari 56 kasus kecelakaan lalu-lintas, dan sisanya akibat kelelahan di perjalanan.

“Untuk itu pada musim arus mudik Lebaran tahun ini kami mengharapkan supaya terciptanya keselamatan para pemudik, sehingga mereka bisa salamat sampai tujuan dengan selalu menjaga kesehatan,” pungkas Enjang.

Polresta Banjar Siap 100% Atasi Kelancaran Arus Mudik

Di tempat terpisah, Kasat. Lantas. Polresta Banjar, AKP. Didin Jarudin, S.Sos., mengatakan, pada musim arus mudik maupun balik Lebaran tahun ini, pihaknya sudah siap 100 persen untuk mengatasi kelancaran lalu-lintas para pemudik yang melewati Kota Banjar.

Memasuki H-6 Lebaran, yakni Selasa (14/8), jumlah kendaraan dari para pemudik memang telah mengalami peningkatan, namun masih dalam batas wajar. Diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada hari Kamis dan Jum’at (17-18/8).

“Saat ini kendaraan yang melintas di Kota Banjar mulai meningkat dari sekitar 7.600 unit  sekarang sudah mencapai 8000 unit kendaraan,” kata Didin, pada HR, Selasa (14/8).

Selain itu dia juga mengatakan, bahwa selama libur Lebaran 2012, pelayanan untuk perpanjangan STNK akan libur dari tanggal 17-22 Agustus. Sedangkan, pelayanan pembuatan maupun perpanjangan SIM akan libur dari tanggal 17-21 Agustus.

Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, bagi kendaraan yang habis masa pajaknya pada tanggal libur tersebut bisa dibayar tanggal 23 Agustus tanpa dikenai denda, begitu juga untuk pembuatan dan perpanjangan SIM.

“Namun, bila melewati tanggal 23 Agustus maka akan dikenakan denda. Untuk itu kami perlu memberitahukan kepada masyarakat tentang hal ini, karena pihak kami akan terus melayani masyarakat dengan maksimal,” pungkas Didin. (PRA)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles