SMK Berbasis Pertanian Bakal Dibangun di Sukamantri

16/08/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis berencana membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian di Kecamatan Sukamantri. Rencana tersebut didasarkan atas potensi sumber daya alam yang tersedia disana.

Hal itu disampaikan Bupati Ciamis, H. Engkon Komara, saat mengisi ceramah pada acara taraweh keliling (tarling), di Sukamantri, Minggu lalu. Menurut dia, Kec. Sukamantri sangat kaya akan sumberdaya alam, khususnya di sektor pertanian.

“Dan kekayaan sumberdaya alam ini, tentunya harus diolah dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Engkon mengutarakan, untuk memenuhi kebutuhan SDM handal tersebut, tentu harus dibuatkan suatu wadah berupa SMK yang berbasiskan pertanian. Selain itu, SMK Pertanian itu juga bisa menjadi wadah regenerasi petani.

“Makanya, saya mendukung upaya masyarakat bersama pemerintah untuk mendirikan SMK pertanian di Kec. Sukamantri. Selain itu, supaya hasil-hasil pertanian bisa diolah lebih optimal,” kata Engkon.

Engkon menilai, sebagai kecamatan “bungsu”, Sukamantri berhasil menggerakan roda perekonomian, dengan menggali potensi pertanian. Keberhasilan itu, kata dia, berkat kerjasama yang terjalin antara masyarakat dan pemerintaha setempat.

“Sayang sekali, kalau potensi ini tidak didukung suatu wadah, yakni berupa SMK pertanian,” katanya.

Dihubungi terpisah, Camat Sukamantri, Drs. Adang Daradjat, MM, mengatakan, ide pendirian SMK Pertanian tersebut muncul dari gagasan masyarakat di wilayah Kec. Sukamantri yang ingin mengembangkan potensi pertanian.

“Surat Permohonan pendirian SMK Pertanian sudah kami ajukan melalui Dinas Pendidikan Kab. Ciamis,” katanya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Kab. Ciamis, Drs. H. Hidayat Taufik, MM, membenarkan, bahwa pihaknya sudah menerima pengajuan permohonan pendirian SMK Pertanian dari wilayah Sukamantri tersebut.

“Minggu depan, kami akan ke Jakarta untuk memproses perizinananya,” katanya.

Dari berbagai sumber yang dikonfirmasi HR di lapangan, lokasi SMK Pertanian tersebut akan didirikan di tanah SMAN Panjalu. Dengan begitu, status SMAN Panjalu akan dirubah menjadi SMK Pertanian. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply