Tingkatkan Eksistensi Kegiatan Sosial, Gagas Pendirian Yayasan

30/08/2012 0 Comments

(Forum Alumni SMA Negeri 1 Banjar 2000)

Perwakilan dari Forum Alumni SMA Negeri 1 Banjar Angkatan 2000, Luluk Mailani, tengah menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Warga Dusun Karangsari, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jum’at (17/8). Dalam Kegiatan Bakti Sosial tersebut, Forum Alumni memberikan bantuan berupa sembako untuk warga dan perlengkapan alat sholat untuk Mesjid di daerah tersebut. Foto : Subagja Hamara/HR.

Subagja Hamara

Untuk meningkatkan eksistensi dalam kegiatan sosial, Forum Alumni SMA Negeri 1 Banjar Angkatan Tahun 2000 berencana akan membentuk sebuah Yayasan.  Ide  tersebut digagas, setelah dalam kurun waktu 5 tahun menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) dan beberapa kegiatan sosial lainnya, selalu mendapat dukungan positif dari seluruh alumni.

Wakil Ketua Forum Alumni SMA Negeri 1 Banjar Angkatan Tahun 2000, Gingin Ginandjar, mengatakan, setelah 5 kali menggelar kegiatan bakti sosial, dalam kurun waktu 5 tahun, yang mengambil momentum saat perayaan Idul Fitri, selalu mendapat dukungan penuh dari seluruh alumni. Bahkan, dukungan yang mengalir untuk kegiatan tersebut, tidak hanya dari alumni yang tinggal di Kota Banjar saja, tetapi alumni yang berada di luar kota pun ikut memberikan dukungan penuh.

“ Alhamdulilah, kegiatannya pun selalu sukses. Mengingat hal itu, ketika setelah lebaran kemarin  seluruh alumni berkumpul dan bersilaturahmi, muncul gagasan untuk membentuk sebuah lembaga sosial. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan eksistensi Forum dalam memberikan sumbangsih kepada masyarakat melalui kegiatan sosial, “ terangnya, kepada HR, Selasa (28/8).

Menurut Gingin, awalnya muncul dua gagasan untuk menggeliatkan kegiatan Forum, yakni membentuk yayasan dan koperasi usaha. Namun, setelah dievaluasi dan didiskusikan dengan seluruh alumni, akhirnya muncul pilihan untuk merencanakan membentuk sebuah yayasan.

“ Kita memiilih yayasan, karena kegiatan yang selama ini kita gelar selalu dalam konsep bantuan sosial. Namun, apabila yayasan sudah terbentuk dan berjalan, kita pun akan mencoba mendirikan koperasi sebagai lembaga usaha untuk menopang kegiatan dan operasional yayasan,” ujarnya.

Gingin menambahkan, konsep yayasan saat ini terus dikaji oleh seluruh pengurus Forum Alumni, untuk menentukan formulasi yang tepat mengenai maksud dan tujuan pendirian yayasan tersebut. “ Kita juga terus menjaring masukan dari teman-teman alumni mengenai pendirian yayasan ini. Yang pasti, tujuan pendirian yayasan ini untuk meningkatkan eksitensi Forum dan sebegai wadah untuk membangun silaturahmi dan kebersamaan antar alumni, “ katanya.

Untuk tahun ini, lanjut Gingin, kegiatan Baksos  Forum Alumni diselenggarakan di Dusun Karangsari, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. “ Selain Baksos, kita pun menyalurkan sumbangan dari teman Alumni untuk bantuan ekonomi kepada teman alumni yang kurang mampu, dan memberikan santunan kepada teman alumni yang mengalami musibah kecelakan,” terangnya sembari menambahkan Forum Alumni 2000 pun pernah menggalang sumbangan dari internal alumni untuk pembangunan Mesjid Agung Kecamatan Langensari, tahun lalu.

Menurut Gingin, selama 5 tahun Forum Alumni SMA Negeri 1 Banjar Angkatan 2000 berdiri, selalu ada peningkatan pada setiap tahunnya, dalam hal pengumpulan dana sumbangan dari alumni. “ Mungkin seiring dari peningkatan kemapanan ekonomi teman-teman alumni, sehingga pada setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan dalam pengumpulan dana sumbangan, “ imbuhnya.

Selain tengah mempersiapkan pendirian yayasan, kata Gingin, muncul juga masukan dari beberapa  teman-teman alumni untuk menyelenggarakan reuni akbar yang digelar pada momentum liburan Idul Fitri tahun depan.

“ Ada masukan untuk menyelenggarakan reuni akbar pun kita tampung dan akan kita bicarakan lebih lanjut dengan teman-teman alumni lainnya. Tentunya lebih banyak masukan dan ide dari teman-teman alumni, berarti telah muncul kepedulian terhadap Forum Alumni ini,”

“Intinya, kebersamaan dan silaturahmi ini terus kita pupuk dan terus ditingkatkan, sehingga diharapkan Forum Alumni ini semakin besar seiring kedewasaan dan kemapanan teman-teman,” pungkasnya. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!