Wowo: Parpol Menengah Harus Punya Kekuatan

16/08/2012 Berita Ciamis
Wowo: Parpol Menengah Harus Punya Kekuatan

(Jelang Pemilukada Ciamis 2013)

Silaturahmi yang dilakukan oleh tujuh Parpol menengah di Ciamis, yang dimana memiliki 21 kursi di DPRD Ciamis, Minggu, (29/7) di salah satu rumah makan di Ciamis. Foto : Dian Sholeh Wardiana Putra/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Meskipun perhelatan Pemilukada Bupati Ciamis masih setahun menjelang, namun berbagai manuver politik, baik yang dilakukan oleh Bakal Calon Bupati maupun calon Parpol (Partai Politik) pengusung sudah mulai ‘ditabuh’. Tak pelak, manuver-manuver politik tersebut kontan menghangatkan konstelasi politik menjelang Pemilukada tahun depan.

Minggu, (29/7), di salah satu rumah makan di Ciamis, 7 Parpol menengah di Ciamis, yang dimana memiliki 21 kursi di DPRD Ciamis, mulai melakukan manuver. Mungkin tidak mau dijadikan sebagai Parpol ‘pelangkap’ pada Pemilukada Ciamis 2013, mereka lebih awal berembug dan berkomitmen, untuk menyatukan visi dan misi.

7 Parpol menengah ini menamakan diri “Forum Kelompok Tujuh”, yang terdiri dari PPP (Partai Persatuan Pembangunan), PAN (Partai Amanat Nasional), PKS (Partai Keadilan Sejahtera), PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya), Hanura (Hati Nurani Rakyat), dan PBB (Partai Bulan Bintang).

Namun, Sekretaris DPC PPP Kab. Ciamis, Wowo Kustiwa, membantah bahwa pertemuan tersebut sebagai langkah awal dalam membentuk koalisi pengusungan Calon Bupati pada Pemilukada Ciamis 2013.

Dia mengatakan, adanya silaturahmi kelompok tujuh bukan untuk menentukan figur pemimpin ke depan, akan tetapi sesuai dengan tema yang diangkat, yakni “Ciamis lebih baik”.

“ Saya kira sudah saatnya sekarang partai menengah bersatu untuk berkomunikasi dan melakukan kajian secara berkelanjutan. Jangan sampai seolah-olah partai menengah tidak mempunyai kekuatan. Jadi, melalui mementum ini bahwa Parpol menengah harus punya kekuatan, “ ungkapnya, kepada HR, di sela-sela pertemuan tersebut.

Sementara Ketua DPD PAN Ciamis, Yana D. Putra, mengatakan, adanya silaturahmi yang digagas oleh kelompok tujuh ini, sebagai titik awal untuk menjalin komunikasi yang intensif dalam membangun kebersamaan untuk menyatukan persepsi.

Ketika disinggung apakah kelompok tujuh ini akan dilanjutkan pada koalisi Pemilukada Ciamis 2013, Yana mengatakan, “Bisa ya, dan bisa juga tidak,” sembari tertawa. Menurutnya, targetan utama silaturahmi kelompok tujuh ini, yaitu untuk bersama-sama merumuskan Ciamis ke depan yang lebih baik.

“Kelompok tujuh ini, telah sepakat untuk menyamakan persepsi dan merumuskan  pembangunan Ciamis ke depan. Jadi bukan hanya sebatas menghadapi Pilkada saja, dan hal ini membutuhkan diskusi panjang dan komitmen yang tegas untuk membangun persepsi  yang sama. Artinya, kita ingin membangun kebersamaan dari awal, “ terangnya.

Sementara itu, diantara petinggi parpol yang hadir dalam silaturahmi tersebut, tampak diantaranya, Yana D Putra (Ketua PAN), A Irfan Alawi (Ketua PKB), Andang Irfan (Ketua PBB), Wowo K (Sekjen PPP), Eki Bratakusuma (Sekjen Hanura), Jumali (Gerindra), dan Sesepuh PKS KH. Ismail Ilyas Lc dan sejumlah pengurus 7 Parpol tersebut. (DSW)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles