9 Calhaj Lansia Didampingi Khusus

27/09/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sembilan Calon Haji (Calhaj) berusia lanjut dari 1380 orang Calhaj asal Kab. Ciamis mendapat pendampingan khusus selama menunaikan ibadah haji. Pendampingan itu ditangani langsung tim khusus dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Ciamis.

“Hampir rata-rata di setiap Kota/ Kab di Jawa Barat terdapat Calhaj usia lanjut. Meski begitu, kami sudah mengantisipasinya,” ungkap Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kemenag Ciamis, Drs. H. Uyun Badrul Uyun, MSi, beberapa waktu lalu, di ruang kerjanya.

Uyun mengatakan, jelang keberangkatan ke Tanah Suci, Calhaj sudah diminta untuk menjaga kondisi fisik. Sebab, kata dia, untuk menunaikan ibadah haji memerlukan stamina dan tubuh yang prima.

“Selain mengurangi aktivitas yang menguras energy, para jamaah juga dihimbau untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi,” katanya.

Lebih lanjut, Uyun menjelaskan, keberangkatan 1380 Calhaj tahun 2012 terbagi dalam 4 kloter. Pemberangkatan dimulai Sabtu (22/9), untuk kelompok terbang (kloter) 7, kemudian kloter 13 pada Senin (24/9).

“Kami sudah memberikan pelayanan, mulai memfasilitasi keperluan administrasi pendaftaran, keberangkatan dan akomodasi di tanah suci, hingga kepulangannya nanti. Kami juga mengadakan vaksin meningitis,” paparnya.

Di samping itu, Uyun menambahkan, bahwa pendistribusian koper jemaah relatif terkendali. S mua koper untuk calhaj, sejak Jum’at (15/9) sudah terdistribusi melalui KBIH masing-masing, kecuali untuk kloter 53.

“Koper Calhaj kloter 7, 13, 22, sudah terdistribusi. Sementara untuk kloter 53, kemungkinan H-7 baru bisa kami didistribusikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kab. Ciamis, Drs. H. M. Yusuf, mengutarakan, pihaknya akan memberikan pelayanan sebaik-baiknya bagi para calhaj. Termasuk untuk kelancaran keberangkatan di Islamic Center.

“Kami akan berkoordinasi dengan Pihak Pemkab Ciamis dan jajaran Polres Ciamis,” pungkasnya. (DK)


About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply