Akses Sentra Jagung Margajaya Kondisinya Rusak

06/09/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Masyarakat Desa Margajaya, Kecamatan Sukadana menunggu realisasi perbaikan akses jalan menuju sentral jagung di Dusun Cijoho. Jalan sepanjang 1 kilometer yang menghubungkan Desa Margajaya dan Margaharja itu kini kondisinya rusak berat.

Padahal saat ini, jumlah warga di daerah tersebut mecapai 1400 kepala keluarga (KK), dan mayoritas penduduknya merupakan petani dengan unggulan jagung, kemudian juga disana terdapat Gudang atau Silo Jagung

“Jagung adalah unggulan Desa kami. ironisnya jalan ke sentral jagung ini, kondisinya rusak berat. Tak heran banyak masyarakat mendatangi Kantor Desa dan menayakan realisasi perbaikan jalan itu,” ungkap Sekdes Margajaya, Agus Ramdani, Senin (3/9), di ruang kerjanya.

Agus mengatakan, masyarakat Desa Margajaya sangat mengapresiasi janji Bupati  Ciamis, H. Engkon Komara, yang pernah mengeluarkan pernyataan, bahwa dirinya akan memberikan perhatian kepada masyarakat, salah satunya pembangunan akses jalan ke sentral jagung.

“Pak Bupati dulu pernah berjanji untuk memperbaiki jalan yang ada disini. Bupati yang saat itu mencalonkan untuk kedua kalinya, mengaku akan memberikan perhatian terhadap dunia pertanian, namun hingga kini janji itu belum ada realisasinya,” katanya.

Menurut Agus, karena realisasi perbaikan belum juga ada kejelasan, pihaknya bersama masyarakat berinisatif, melalui dana swadaya, melakukan pengecoran terhadap jalan rusak tersebut.

“Karena memang anggarannya terbatas, kami hanya mampu mengecor jalan tersebut sepanjang 200 meter,” ujarnya.

Agus menambahkan, pihaknya berharap, realisasi perbaiakn jalan di Desa Margajaya bisa terwujud pada akhir tahun 2012, atau paling tidak, bisa terealisasi pada akhir masa jabatan Bupati Engkon Komara.

Beberapa sumber yang berhasil dihimpun HR, menyebutkan, produksi jagung di kabupaten Ciamis masih belum mampu memenuhi pasar lokal. Salah satu penyebabnya, yakni minimnya dukungan sarana infrastruktur. (diki)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!