DPRD Sidak Proyek, Jangan Dijadikan Aji Mumpung!

27/09/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Direktur LSM Citra Galuh Mandiri (CGM) Ciamis, Ir. Heri Hernawan, mengingatkan, pengawasan yang dilakukan oleh Komisi III DPRD Ciamis terhadap pelaksanaan sejumlah proyek infrastruktur di Kab. Ciamis, baru-baru ini, jangan sampai dijadikan aji mumpung dengan bermain mata dengan pihak pemborong. Justru DPRD harus bersikap tegas apabila menemukan kesalahan dalam pelaksanaan proyek.

Namun demikian, Hari pun mengapresiasi adanya kamauan dari Komisi III DPRD Ciamis yang melakukan fungsi pengawasannya  terhadap pelaksanaan sejumlah proyek pembangunan di Kabupaten Ciamis. Hanya, dia meminta pengawasan yang dilakukan harus berada dalam kolidor.

“ Kami hanya mengingatkan saja, agar pengawasan sidak lapangan ke sejumlah proyek yang dilakukan DPRD, benar-benar objektif dan membawa manfaat untuk keberhasilan pembangunan di Ciamis, “ ujarnya, kepada HR, Minggu (23/9).

Heri juga meminta DPRD bersikap profesional di saat melakukan pengawasan sidak lapangan. Jangan sampai, tugas pengawasan tersebut, dimanfaatkan oleh oknum Anggota DPRD untuk mencari keuntungan pribadi.

“ Kita khawatir saja, makanya mengingkatkan. Kita juga meminta kepada pimpinan DPRD dan Badan Kehormatan, untuk melakukan pemantaun terhadap anggotanya. Hal itu untuk mencegah adanya Anggota DPRD yang menyalahgunakan kewenangannya, “ ungkapnya.

Heri juga mengatakan, apabila Komisi III DPRD menemukan kesalahan dalam pelaksanaan proyek, seharusnya jangan langsung mevonis bahwa pekerjaan tersebut jelek. Tetapi, harus melaporkan temuan tersebut kepada pihak direksi yang nantinya dilanjutkan kepada pemborong yang mengerjakan proyek.

“Kesalahan kerja pasti ada. Dan jika menemukan kesalahan, yang harus dipanggil adalah direksi. Nanti direksi yang menyampaikan hal itu kepada pemborong. Hal itu juga untuk mencegah adanya main mata antara Anggota DPRD dengan pihak pemborong,”katanya

Heri juga menegaskan, apabila menemukan bukti adanya oknum Anggota DPRD yang bermain mata dengan pihak rekanan, pihaknya tidak akan segan-segan untuk melaporkan hal itu kepada pihak yang berwajib. “ Kita juga dari LSM wajib untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan,” imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Ketua DPRD Ciamis, H. Asep Roni, ketika ditemui HR Selasa (25/9), membenarkan bahwa Komisi III DPRD Ciamis saat ini tengah melakukan pengawasan sidak lapangan ke sejumlah proyek infrastruktur di Ciamis. Menurutnya, kegiatan sidak tersebut bagian dari fungsi pengawasan DPRD terhadap pelaksanaan program pembangunan yang sedang berjalan.

Hanya, Asep meminta Komisi III DPRD dalam melaksanakan tugas pengawasannya sesuai dengan tugas dan fungsinya, sehingga program pembangunan di Kabupaten Ciamis mendapatkan hasil yang baik.

“ Lebih banyak yang mengawasi pelaksanaan pekerjaan proyek, tentunya lebih bagus. Hal itu agar pemborong tidak asal-asalan dalam mengerjakan proyek,” ujarnya, kepada HR, Selasa (25/9). (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply