Gedung Kelas SDN 1 Sukamaju Dibiarkan Rusak

27/09/2012 0 Comments

Ruangan kelas Sekolah Dasar (SDN) 1 Sukamaju Kec. Baregbeg kondisinya rusak parah dan hampir roboh. Foto : Heri/HR.

Baregbeg, (harapanrakyat.com),- Dua ruangan kelas Sekolah Dasar (SDN) 1 Sukamaju Kec. Baregbeg kondisinya rusak parah dan hampir roboh. Kerusakan itu disebabkan oleh guncangan gempa yang terjadi pada tahun 2009. Sayangnya, hingga kini pihak sekolah belum memperoleh bantuan untuk membangun kembali ruangan kelas tersebut.

Dahudin Supriadi, seorang tenaga pengajar di SDN 1 Sukamaju, ketika di temui HR, beberapa waktu yang lalu, di ruang kerjanya, mengatakan, pihaknya sangat berharap mendapat bantuan ruang kelas baru (RKB) dari pemeritah.

Menurut Dahudin, tingkat kerusakan dua kelas tersebut sudah masuk kelasifikasi rusak berat, bahkan tidak lagi bisa digunakan. Sebab, tidak hanya bagian atap/ langit-langit saja yang amruk, namun bagian dinding pun sudah retak. Selain itu, sebagian besar kusen lapuk karena faktor usia.

Dahudin mengaku, pihak sekolah selalu dihantui rasa was-was, jika sewaktu-waktu dua lokal kelas yang sudah rusak itu roboh dan menimpa para siswa, yang sedang berada di sekitar bangunan tersebut.

“Kami ingin gedung itu dirobohkan dulu, sebelum mendapatkan bantuan RKB, karena bangunan bisa membahayakan para siswa,” ungkapnya.

Kepala SDN 1 Sukamaju, Yoyo Suryadi SPd, mengatakan, pihaknya sudah berulangkali mengajukan permohonan bantuan kepada Pemerintah Kab. Ciamis. Sayangnya, permohonan yang disampaikan pihak sekolah belum mendapat jawaban.

Yoyo mengutarakan, selain ruangan  kelas, SDN 1 Sukamaju juga belum memiliki ruang perpustakaan, ruangan UKS dan sarana ibadah/musola. Sementara ini untuk ruangan perpustakaan dan UKS terpaksa ditempatkan di ruang Kepala Sekolah. Dan untuk sarana ibadah terpaksa kami pindahkan ke mesjid Desa.

Namun demikian, Yoyo menegaskan, pihaknya sudah memiliki lahan yang akan dialokasikan untuk sarana penunjang pendidikan tersebut. Hanya saja, masalah biaya dan anggaran pembangunan masih menjadi kendala.

Yoyo berharap, Pemerintah Kab. Ciamis memberikan bantuan kepada pihak sekolah untuk perbaikan/ pembangunan gedung sekolah yang rusak, serta pembangunan musola, UKS dan Perpustakaan, untuk kelancaran penyelenggaraan pendidikan di SDN 1 Sukamaju. (heri)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!