H. Endang Rahmat Berhasil Raih Gelar Doktor

20/09/2012 0 Comments

Setelah berbulan-bulan mempersiapkan sidang disertasi S3 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Kepala SMA Negeri 2 Ciamis, H. Endang Rahmat, akhirnya mampu menyelesaikan pendidikannya dan dinyatakan lulus sebagai Doktor di bidang Administrasi Pendidikan.

H. Endang Rahmat

Dengan berhasilnya H. Endang Rahmat meraih gelar Doktor, kini menjadi bertambahlah insan pendidikan di Kab. Ciamis yang memiliki gelar pendidikan tertinggi tersebut. Namun, untuk kepala sekolah ditingkatan SMA/SMK di Kabupaten Ciamis, baru H. Endang Rahmat satu-satunya kepala sekolah yang memiliki gelar Doktor.

Ketika dihubungi HR, Senin (17/9), di ruang kerjanya, Dr. H. Endang Rahmat, mengucapkan syukur atas keberhasilannya meraih gelar Doktor. ” Alhamdulilah, atas izin Allah dan dukungan semua pihak, akhirnya saya berhasil meraih gelar Doktor. Saya pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini terus memberikan support, ” ujarnya.

Endang juga menambahkan, keberhasilannya meraih gelar Doktor diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap kemajuan SMA Negeri 2 Ciamis yang kini bersatus RSBI.

” Setidaknya, bisa memberikan motivasi, baik bagi saya pribadi maupun seluruh guru dan karyawan untuk terus berbenah dan melakukan inovasi guna kemajuan sekolah. Sementara untuk saya pribadi, semoga ilmu yang saya dapatkan selama menempuh S3 bisa bermanfaat bagi kemajuan sekolah ini, ” katanya.

Jika dilihat dari judul desertasi yang diteliti dan dikaji oleh H. Endang, memang mengangkat permasalahan yang terjadi di Sekolah Menangah Atas (SMA). Sederet permasalahan di tingkatan SMA, diangkat dalam desertasinya dan dicari solusi guna memperbaiki permasalahan-permasalahan tersebut. Penelitian itu pun dilakukan random sampling (acak) di sejumlah SMA SSN (Sekolah Standar Nasional) di Jawa Barat.

Dalam desertasinya yang berjudul, ” Mutu Layanan Akademik”, dengan mengambil sub judul, ” Studi Tentang Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pembiayaan Sekolah, dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Mutu Layanan Akademik pada SMA Negeri berstatus SSN di Provinsi Jaba Barat” itu, mengangkat sejumlah permasalahan yang menjadi kendala dalam kemajuan sebuah sekolah tingkatan SMA.

Dalam kesimpulan desertasinya, menjelaskan bahwa rasional dan masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini mengenai lemahnya mutu layanan akademik yang dilakukan oleh sekolah standar nasional, khususnya di Provinsi Jawa Barat. Hal itu dipengaruhi dari lemahnya kepemimpinan kepala sekolah, pembiayaan sekolah, budaya sekolah dan kinerja mengajar guru.

Dari hasil penelitiannya terhadap populasi sebanyak 249 sekolah dan sampel sebanyak 36 sekolah dengan menggunakan random sampling, dan menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif, akhirnya diketahui gambaran seberapa besar variabel tersebut berdampak signifikan terhadap mutu layanan akademik di SMA SSN di Jawa Barat.

“Temuan dan pembahasan lapangan membuktikan bahwa gambaran kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri di Jabar diperoleh nilai rata-rata 80,62% dengan kategori tinggi. Sementara pembiayaan sekolah mencapai rata-rata 82,12% dengan kategori tinggi pula. Hal yang sama dengan budaya sekolah dengan nilai rata-rata 81,02%. Sedangkan kinerja mengajar guru hanya mencapai rata-rata 71, 49%,”

Dengan demikian, lanjut Endang dalam kesimpulan akhir desertasinya, maka mutu layanan akademik di SMA SSN di Jawa Barat dapat dilakukan dengan baik, jika senantiasa memperhatikan lebih serius terhadap kinerja mengajar guru.

“ Penulis merekomendasikan saran operasional untuk meningkatkan kinerja guru, yakni guru khendak melaksanakan penilaian akhir untuk mengetahui sejauhmana siswa setelah mengikuti pelajaran, guru hendaknya mengkaji hasil penilaian akhir, melaksanakan kegiatan tindak lanjut pembelajaran dan mengemukakan tentang topik yang akan dibahas pada waktu yang akan datang, “ demikian dalam kesimpulan desertasinya.

Selain saat ini meraih gelar Doktor, suami dari Dra. Yati Rosmiati, M.Pd ini pun memiliki prestasi cemerlang dalam bidang organisasi. Sebut saja dia kini dipercaya sebagai Ketua MKKS SMA Kab. Ciamis, Wakil Ketua I PGRI Kab. Ciamis dan Direktur Tabloid Pendidikan Ganesha (media milik PGRI Kab. Ciamis).

Tak hanya aktif di organisasi pendidikan saja, H. Endang pun dipercaya memimpin organasisi kemasyarakatan. Dia kini dipercaya sebagai Ketua Paguyuban Pasundan Kab. Ciamis. Dan ketika masih muda, dia pernah menjadi Ketua KNPI Kab. Tasikmalaya periode 1985-1989 dan Ketua Forum Komunikasi Karang Taruna Kab. Tasikmalaya periode 1987-1989.

Pengalaman ke luar negeri yang berhubungan dengan tugas kedinasan pun banyak dia peroleh, diantaranya studi banding ke Melbourne, Pert (Australia), Singapura, Malaysia, Thailand, Turki dan Korea Selatan. Bahkan, dalam kunjungan ke Turki, yakni untuk menandatangani MoU kerjasama antara SMA Negeri 2 Ciamis dengan salah satu sekolah menengah ternama di Turki.

Dalam sebuah kesempatan, HR pernah berbincang santai dengan H. Endang. Waktu itu dia mengungkapkan, tujuan mengikuti kuliah S3 untuk meraih gelar Doktor, tak hanya untuk memenuhi kebutuhan tambahan ilmu dalam perjalanan karier kedinasannya, tetapi juga untuk memotivasi anak-anaknya agar bersemangat dan tidak henti-hentinya dalam menuntut ilmu.

Karena prinsip yang dipegang oleh pria kelahiran Tasikmalaya 14 Mei 1960 ini, bahwa menuntut ilmu harus sepanjang hayat. “ Saya selalu tanamkan kepada anak saya tentang prinsip belajar sepanjang hayat. Saya terus bersemangat menyelesaikan kuliah, salah satunya untuk memberikan contoh kepada anak saya tentang prinsip tersebut, “ ujar Bapak yang dikaruniai dua anak yang juga memiliki obsesi melakukan penelitian untuk gelar profesor ini.

H. Endang memiliki dua anak, yakni Fauzan Rahmat yang saat ini masih menempuh kuliah di jurusan Administrasi Niaga Fisip Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung dan Rayna Fauziani Nur Rahmat yang saat ini masih menempuh kuliah di jurusan Kedokteran Universitas Jendral Sudirman (Unsoed) Purwokerto. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply