Kemenkumham Jabar Gelar Temu Desa/Kelurahan Sadar Hukum 2012

20/09/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Guna menurunkan dan menekan angka kriminalitas, serta meminimalisir hal-hal yang sifatnya diskriminasi di lingkungan, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Barat, menggelar kegiatan Temu Desa/Kelurahan Sadar Hukum 2012.

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan sebanyak empat putaran, diantaranya di Aula Setda Kota Banjar, Aula Kantor Kec. Langensari, Kec. Pataruman, dan terakhir di GOR Desa Situbatu yang dilaksanakan pada hari Selasa (18/9), dengan narasumber petugas dari Kanwil Kemenkumham Jabar, H. Cecep Wawan Irawan, SH, MH., dan Kasie. Intel Kejari Kota Banjar, Hendra Irawan, SH.

Sedangkan, para peserta sosialisasi meliputi Ketua RT/RW, Kepala Dusun, tokoh masyarakat dan kader PKK, serta dihadiri pula Kapolsek Banjar, Sekretaris Kecamatan Banjar, dan Kepala Desa Situbatu.

Dikatakan Cecep, kegiatan Temu Desa/Kelurahan Sadar Hukum ini sudah menjadi agenda rutin tahunan pemerintah pusat. Hal ini dilakukan agar dapat menjaring aspirasi masyarakat desa dan kelurahan untuk sadar hukum, serta mengetahui Undang-Undang dan hukum dengan segala permasalahannya.

“Adanya sosialisasi sadar hukum ini, setidaknya dapat menurunkan, menekan angka kriminalitas, dan bisa meminimalisir hal-hal yang sifatnya diskriminasi maupun subtropika di lingkungan kita,” katanya.

Karena, lanjut dia, dengan seringnya diadakan penyuluhan atau sosialisasi hukum di berbagai tempat, diharapkan masyarakat akan cepat tanggap terhadap keadaan. Lantaran, sebaik apa pun Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah, tapi kalau tidak ada partisipasi dari masyarakat maka hal-hal negatif bisa terjadi di mana-mana.

Untuk itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat, khususnya sebagai orang tua, harus betul-betul waspada dan selalu mengarahkan anak-anaknya ke jalan yang positif.

Sehingga, generasi muda serta lingkungan masyarakat sekitar tidak terjerumus pada persoalan yang melanggar hukum, seperti terlibat narkoba, anarkis, kriminalitas, dan lainnya.

“Kemajuan di era sekarang sangat berpengaruh sekali terhadap kehidupan kita, terutama pada anak-anak. Makanya kita banyak-banyak berdoa dan berharap penegakan hukum di negara kita ini bisa berjalan sebagaimana mestinya. Siapa pun orangnya yang melakukan kesalahan dan melanggar hukum akan ditindak tanpa pandang bulu,” kata Cecep.

Dalam acara Temu Desa/Kelurahan Sadar Hukum 2012 itu, selain pemaparan mengenai sadar hukum, diadakan pula tanya jawab seputar permasalahan yang ada kaitannya dengan hukum yang berlaku di Indonesia. (AM)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply