Kinerja KPA & Dinkes Dipertanyakan

13/09/2012 0 Comments

(Tahun 2012, Penderita HIV/ AIDS Meningkat)

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Komisi IV DPRD Kab. Ciamis merasa prihatin dengan meningkatnya angka penderita HIV AIDS di Ciamis. Menurut data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis, tahun 2012 jumlah penderita yang terjangkit HIV berjumlah 10 orang, sementara AIDS 8 orang, bahkan sebagian penderita sudah meninggal.

Saat ditemui HR, Ketua Komisi IV, Hendara S. Marcusi, Senin (10/9), mempertanyakan kinerja KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kab. Ciamis dalam mengatasi penyebaran salah satu virus yang mematikan itu.

Menurut Hendra, seharusnya KPA bisa bertindak cepat, untuk mengantisipasi penyebaran HIV/ AIDS. Termasuk, bagaimana agar jumlah penderitanya, tidak lagi bertambah di tahun mendatang.

Hendra menilai, KPA dan Dinkes kurang gencar melakukan kegiatan sosialisasi dan penanganan HIV/ AIDS di Ciamis. Buktinya, pada tahun 2012 ini, jumlah penderitanya menjadi bertambah.

“Selama ini, tidak ada penanganan khusus bagi penderita HIV/ AIDS di Ciamis, sehingga mereka seolah leluasa menularkan penyakit tersebut, baik kepada keluarga maupun orang lain,” ungkapnya.

Di tempat berbeda, Ketua KPA Kab. Ciamis, H. Iing Syam Arifin, mengaku, pihaknya juga merasa prihatin dengan meningkatnya jumlah penderita HIV/ AIDS. Menurut dia, pihaknya bersama Dinkes sudah gencar memberikan sosialisasi.

Iing mengutarakan, pemahaman moral dan etika sangat penting, terutama di kalangan anak muda. Pergaulan anak muda jaman sekarang, jika tidak dibarengi dengan moral, bisa terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

“Kita sering sekali melakukan sosialisasi di Organisasi Pramuka. Hal itu dilakukan karena Anggota Pramuka merupakan usia yang rentan dalam pergaulan, terutama dalam pemakaian narkoba. Kami sering menghimbau, agar Anggota Pramuka menjauhi narkoba, karena rusaknya moral berawal dari situ,” katanya.

Namun begitu, Iing mengaku, KPA akan memaksimalkan upaya sosialisasi, agar jumlah penderita HIV/ AIDS tidak terus bertambah. Dia juga berharap, semua pihak turut berperan aktif dalam mencegah penyerabaran penyakit tersebut.

Kasi P4B Dinkes Ciamis, Osep Hernandi, mengatakan, pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin, dalam menangani penderita HIV/ AIDS di Kab. Ciamis. Upaya itu, baik melalui sosialisasi, atau pemeriksaan langsung ke sejumlah tempat yang rawan. (es) 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!