KPU Banjar Fokus Tiga Tahapan Pilgub Jabar 2013

06/09/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Terkait adanya masyarakat yang masih belum mengetahui mengenai pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013 mendatang, mendapat tanggapan dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, Nur Rifai, dan Anggota KPU sekaligus Ketua Divisi Sosialisasi, KH. Iskandar Effendi, S.HI., saat ditemui HR di ruang kerjanya, Senin (3/9).

Iskandar mengatakan, bahwa tahap awal kegiatan sosialisasi Pilgub Jabar 2013 sudah mulai sejak akhir Agustus 2012, diantaranya sosialisasi kepada calon pemilih pemula dikalangan pelajar yang ada di sekolah-sekolah. Kemudian, sosialisasi juga dilakukan melalui pembagian stiker kepada masyarakat dalam ajang Car Free Day, Minggu (2/9).

Kemudian, untuk pemilih pemula di kalangan pelajar, KPU Kota Banjar rencananya akan menggelar Lomba Cedas Cermat (LCC) mengenai kepemiluan dan demokrasi antar pelajar tingkat SMA/SMK.

Penyampaian sosialisasi kepada para pemilih pemula juga dikemas sedemikian rupa, tujuan agar para pemilih pemula dapat langsung mengerti. Kegiatan tersebut selain bertujuan mensosialisasikan tahapan Pilgub Jabar 2013, juga untuk menjadikan pemilih pemula sebagai duta pemilu.

“Dan rencana sosialisasi Pilgub 2013, untuk kegiatan selanjutnya yaitu akan dilakukan di pasar serta di beberapa pusat keramaian dalam bentuk pagelaran musik rakyat. Di acara itu kami nanti sekalian sosialisasi, itu yang langsung ke masyarakat. Intinya, semua titik yang dinilai strategis dan mendapat banyak perhatian publik, maka di situ kami lakukan sosialisasi. Pokoknya semua alternatif akan kita tempuh,” ujarnya.

Lebih lanjut Iskandar mengatakan, selain media massa lokal, baik cetak maupun elektronik (radio), bahwa pada pelaksanaan sosialisasi pihaknya juga melibatkan ormas-ormas yang ada dan LSM yang mempunyai kantung-kantung massa.

Sedangkan dari unsur pemerintahannya melibatkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Dalam melakukan sosialisasi, PPDP akan dibantu oleh semua Ketua RT yang di Kota Banjar.

“Yang pasti, kita konsen pada tiga tahapan inti diantara tahapan-tahapan Pilgub Jabar 2013 yang ada. Tahapan pertama yaitu pendaftaran pemilih untuk menumbuhkan keikutsertaan masyarakat. Kedua, pengumuman calon tetap, yaitu sekitar pertengahan Desember. Nanti setelah penetapan calon, kita sosialisasikan lagi ke masyarakat. Jadi saat ini memang kita belum sosialisasikan mengenai nama-nama calonnya. Dan tahap ketiganya yaitu pelaksanaan pemilu atau pencoblosan,” terang Iskandar.

Sementara itu, Nur Rifai, menambahkan, bahwa pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk cerdas dalam menentukan pilihannya, baik pada saat Pilgub, Pilwakot, Pileg maupun Pilpres.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk menentang semua bentuk politik uang, tidak terkecuali pasangan calon beserta tim sukses agar menghindari perbuatan curang tersebut. Jangan sampai didiskualifikasi karena politik uang. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!