Langkah Antispasi, Buku Info Bencana Siap Diterbitkan

06/09/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),-  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar dalam waktu dekat akan menerbitkan sebuah buku yang berisi informasi tentang potensi bencana yang ada di wilayah Kota Banjar.

Kepala BPBD Kota Banjar, Asep Tatang Iskandar, beberapa waktu yang lalu, mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemetaan potensi bencana. Menurut dia, hasil pemetaan tersebut akan dikemas dalam bentuk sebuah buku.

Tatang menuturkan, buku itu nantinya akan dibagikan kepada pemerintah di tingkat desa/ kelurahan, yang kemudian ditindaklanjuti dengan mensosialisasikan isi dari materi yang terdapat dalam buku, kepada masyarakat.

“BPBD sudah membentuk tim pemetaan. Dan kegiatan pemetaanya sudah selesai. Tinggal menunggu proses editing redaksionalnya,” ungkapnya.

Lebih jauh, Tatang menjelaskan, informasi potensi yang dibukukan tersebut, diharapkan bisa membantu masyarakat, mengetahui titik mana saja yang berpotensi mengalami bencana, mulai longsor, banjir, pergerakan tanah, angin putting beliung dan lainnya.

“Dengan informasi itu, masyarakat bisa mengantisipasi dan mencegah timbulnya korban bencana,” katanya.

Tatang menambahkan,  pemetaan selalu rutin dilakukan pihak BPBD, untuk meng-update (memperbaharui) perkembangan potensi yang terdapat di setiap titik wilayah rawan bencana. Dan pemetaan kali ini, merupakan proses perbaharuan informasi potensi bencana tahun 2012. (deni)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!